COVER Ricky Tonny Nirwanto
PUBLIC Alice Diniarti
BAB 1 Ricky Tonny Nirwanto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Ricky Tonny Nirwanto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Ricky Tonny Nirwanto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Ricky Tonny Nirwanto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Ricky Tonny Nirwanto
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Ricky Tonny Nirwanto
PUBLIC Alice Diniarti
Perkembangan mesin turbin gas yang semakin pesat terutama dalam bidang
aviasi membuat kebutuhan akan mesin turbin gas jenis turbojet semakin besar.
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, penelitian mesin turbojet berukuran kecil
yang menghasilkan gaya dorong sebesar 500N sedang dilakukan pada program
studi Aeronotika dan Astronotika ITB. Mesin turbojet penelitian tersebut
menggunakan kompresor berjenis sentrifugal dan akan digunakan untuk UAV
(Unmanned Aerial Vehicle) bekecepatan tinggi.
Dalam tugas akhir ini akan dilakukan perancangan dan analisis impeller
kompresor diagonal-flow. Perancangan ini merupakan modifikasi terhadap
kompresor sentrifugal mesin turbojet agar loss yang terjadi pada saat pembelokan
aliran (dari outlet kompresor sentrifugal menuju ruang bakar) dapat dikurangi.
Perhitungan analitik dilakukan untuk mengetahui ukuran dan geometri yang sesuai
dengan desain point mesin turbjet 500N. Untuk mengetahui performa dan
karakteristik aerodinamikanya dilakukan analisis CFD (Computational Fluid
Dynamic) dengan menggunakan tiga buah model impeller yang bentuk hub dan
sudunya divariasikan. Dari ketiga model konfigurasi tersebut akan dipilih sebuah
konfigurasi impeller yang paling mendekati perhitungan analitik. Simulasi CFD
dilakukan kembali pada konfigurasi akhir untuk mengetahui pengaruh tip clearence
terhadap performa dan karakteristik aerodinamika impeller.