digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019_TA_PP_FARHANAH_FITRIA_M_1-ABSTRAK.pdf
Terbatas  Taupik Abidin
» Gedung UPT Perpustakaan
» SBM

CHAPTER I.pdf)u
PUBLIC Taupik Abidin

CHAPTER II.pdf)u
PUBLIC Taupik Abidin

CHAPTER III.pdf?
PUBLIC Taupik Abidin

CHAPTER IV.pdf)u
PUBLIC Taupik Abidin

CHAPTER V.pdf ]
PUBLIC Taupik Abidin

Berdasarkan studi pendahulu, banyak mahasiswa bisnis menjalankan usaha mereka tidak sesuai dengan kepribadian mereka dan hal tersebut mempengaruhi efektivitas kinerja bisnis. Menurut Holland (1985), kesesuaian antara kepribadian dan pekerjaan (kategori bisnis) dapat menciptakan kepuasan pribadi, meningkatkan produktivitas dan karier yang sukses. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kongruensi (kecocokan) antara kategori bisnis yang dipilih dengan kepribadian menggunakan Teori Holland di antara calon mahasiswa kewirausahaan Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB angkatan 2018 (N = 85) melalui pelatihan. Mereka semua mendapatkan Pelatihan "PLANS" yang dibagi menjadi empat sesi: (1) Eksplorasi Diri, (2) Wawasan Bisnis, (3) Eksplorasi Bidang Bisnis, dan (4) Eksplorasi Potensi dan Perencanaan Bisnis. Penelitian ini dilakukan secara kuasi eksperimental menggunakan pre-test dan post-test tanpa kelompok kontrol. Pengukuran didasarkan pada tes kepribadian SDS (Self Directed Search) Holland dan kuesioner kategori bisnis yang baru dirancang berdasarkan Klasifikasi Standar Bidang Usaha di Indonesia 2015. Data dianalisis menggunakan Paired t-test dengan tingkat signifikansi ? = 0,05. Hasilnya menunjukkan perbedaan kongruensi yang signifikan antara kepribadian dan memilih kategori bisnis sebelum dan sesudah pelatihan (t = 4.544, p = 0.00 (<0.05)), (SD) pre-test = 34.71 (29.857) dan (SD) pasca- tes = 51,71 (32,383). Hasil tersebut ditunjang pula dengan analisis tambahan berdasarkan lembar observasi, lembar ulasan materi peserta, dan lembar evaluasi pelatihan yang juga mendukung hasil kuantitatif tersebut. Maka, hal ini memberikan jawaban bahwa pelatihan ‘PLANS’ dapat meningkatkan kesesuaian antara kepribadian dan kategori bisnis yang dipilih di antara calon mahasiswa kewirausahaan Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan pelatihan untuk diintegrasikan ke dalam kewirausahaan dan kurikulum sekolah bisnis lainnya seperti Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB sebagai pedoman sebelum memulai studi mereka.