2018_TA_PP_HAFIZ_FADILLAH_1-COVER.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_HAFIZ_FADILLAH_1-BAB_I.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_HAFIZ_FADILLAH_1-BAB_II.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_HAFIZ_FADILLAH_1-BAB_III.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_HAFIZ_FADILLAH_1-BAB_IV.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_HAFIZ_FADILLAH_1-BAB_V.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
2018_TA_PP_HAFIZ_FADILLAH_1-PUSTAKA.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
lAMPIRAN Hafiz Fadillah
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan
Baterai, selain sebagai sumber energi untuk perangkat elektronik, sekarang berkembang menjadi sumber energi untuk kendaraan listrik. Pemahaman karakteristik kegagalan dari sel baterai merupakan salah satu prioritas tertinggi karena potensi kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh sel baterai yang rusak cukup tinggi. Pada studi ini, dilakukan penelitian respon gaya dan perpindahan pada sel baterai Lithium-ion varian Nickel-Cobalt-Alumina (NCA) dengan kasus pembebanan aksial, bending, dan lateral pada kasus kuasi-statik dan dinamik. Untuk pengujian dinamik dilakukan pada kecepatan impak 5 m/s, 10 m/s, 15 m/s, dan 30 m/s untuk melihat pengaruh laju regangan terhadap respon gaya dan perpindahan yang diterima oleh sel baterai. Penelitian dilakukan dengan melakukan simulasi numerik dari sel baterai yang telah ada. Hasil dari simulasi kuasi-statik akan dibandingkan dengan referensi dan digunakan sebagai acuan untuk pembebanan dinamik. Hasil simulasi pengujian dinamik menunjukkan bahwa dengan meningkatnya kecepatan impak, peak force yang ditanggung oleh sel baterai lebih besar daripada kasus pembebanan secara kuasi-statik dan lokasi perpindahan terjadinya peak force juga lebih besar dari pengujian secara kuasi-statik.