digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2018_TA_PP_ADRIAN_1-COVER.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_ADRIAN_1-BAB_I.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_ADRIAN_1-BAB_III.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_ADRIAN_1-BAB_IV.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_ADRIAN_1-BAB_V.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan

2018_TA_PP_ADRIAN_1-PUSTAKA.pdf
Terbatas  Erlin Marliana Effendi
» Gedung UPT Perpustakaan

Mesin Pendingin Siklus Udara (Air Cycle Machine/ACM) berfungsi sebagai sistem yang mengondisikan udara di dalam kabin dan kokpit pesawat terbang agar tekanan, kandungan oksigen, dan temperaturnya memenuhi persyaratan kelaikan terbang. Mengingat pentingnya sistem tersebut diperlukan alat praktikum untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai fungsi dan cara kerja ACM. Program Studi Teknik Dirgantara ITB bermaksud mengembangkan alat praktikum ACM sebagai bagian dari kegiatan perkuliahan AE3180 Sistem Pesawat Udara 1. Pada penelitian ini dirancang alat praktikum ACM untuk meningkatkan pemahaman fungsi dan cara kerja ACM. Perancangan ini dimulai dengan menentukan persyaratan dan sasaran perancangan yang didapatkan dengan melakukan studi literatur mengenai konfigurasi ACM dan komponen utama ACM. Setelah itu dilakukan perancangan konfigurasi ACM dan pemilihan awal komponen utama ACM. Perhitungan sifat-sifat udara di setiap stasiun proses ACM dilakukan menggunakan data spesifikasi komponen utama pada kandidat konfigurasi. Tahap akhir penelitian ini memperkiraan biaya komponen utama konfigurasi ACM yang dipilih. Penelitian ini menghasilkan dua konfigurasi yang menggunakan dasar sistem simple air cycle dan regenerative cooling pada threewheel bootstrap. Hasil perhitungan sifat-sifat udara menunjukkan bahwa kedua konfigurasi memiliki cooling ratio yang berbeda cukup signifikan. Sumber tenaga ACM yang dipilih adalah kompresor jenis claw C-DLR 150 60Hz. Turbin yang dipilih adalah turbocharger GT0632SZ. Sasaran temperatur hasil ACM kurang dari 10oC telah dipenuhi menggunakan kompresor tersebut untuk salah satu kondisi lingkungan udara di Bandung.