Konsumen sebagai raja tidaklah merupakan slogan kosong saja. Demikian juga dalam memilih sesuatu hal yang dia butuhkan. Konsumen akan selalu memiliki kriteria tertentu dalam mengambil keputusan tentang pembelian sesuatu baik itu produk atau jasa. Dengan menetapkan beberapa hal yang penting menurut konsumen, kemudian konsumen akan mengambil suatu keputusan atau tidak. Dipihak lain biasanya pihak produsen ingin mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen. Sebab ada kalanya suatu usaha tidak berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan karena ketidaktahuan akan kemampuan konsumen. Sehubungan dengan itu maka penelitian ini dimaksudkan untuk mencoba mengidentifikasikan variabel-variabel apa yang mempengaruhi konsumen dalam memutuskan untuk memilih real estate. Dari identifikasi yang dilakukan terlebih dahulu disimpulkan ada 4 faktor yaitu faktor lokasi, faktor produk, faktor cara pembayaran, faktor penunjang yang terdiri Bari 27 variabel dominan yang mempengaruhi konsumen dalam memilih real estate. Setelah dilakukan pengolahan data terbentuk faktor-faktor yang terdiri dari beberapa variabel yang berpengaruh. Adapan keempat faktor tersebut : Segmen I (kelompok konsumen yang belum menikah) 1. Faktor fasilitas penunjang yang terdiri dari 9 variabel manifes. Pada faktor ini variabel yang paling dominan adalah variabel X19 (keamanan). 2. Faktor produk yang terdiri dari 4 variabel manifes. Pada faktor ini variabel yang paling dominan adalah variabel X24 (atap rumah yang baik). 3. Faktor lokasi yang terdiri dari 3 variabel manifes. Pada faktor ini variabel yang paling dominan adalah variabel X5 (waktu tempuh yang cepat kepusat kota) 4. Faktor cara pembayaran yang terdiri dari 4 variabel manifes. Pada faktor ini variabel yang paling dominan adalah variabel X13 (banyaknya paket kredit rumah) Segmen II (kelompok yang sudah menikah) 1. Faktor fasilitas penunjang yang terdiri dari 4 variabel manifes. Pada faktor ini variabel yang paling dominan adalah variabel X19 (adanya jaminan keamanan) 2. Faktor produk yang terdiri dari 6 variabel manifes. Pada faktor ini variabel yang paling dominan adalah variabel X23 (arsitek rumah yang baik) 3. Faktor lokasi yang terdiri dari 4 variabel manifes. Pada faktor ini variabel yang paling dominan adalah variabel X2 (Kedekatan terhadap pasar tradisional) 4. Faktor fasilitas penunjang yang terdiri dari 4 variabel manifes. Pada faktor ini variabel yang paling dominan adalah variabel X16 (penyediaan taman bermain) Dari basil analisa dan pengolahan data dapat disimpulkan bahwa pads segmen I (kelompok konsumen yang belum menikah) bahwa segmen ini cenderung mengabiskan waktunya sebagian besar di luar rumah, sedangkanuntuk segmen II (kelompok konsumen yang sudah menikah) merupakan konsumen yang menginginkan rumah bukan sebagai tempat tinggal saja tapi juga tempat untuk menghilangkan kejenuhan dari kegiatan rutinitasnya