digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK: Dalam menghadapi cra globalisasi, persaingan dalam industri jasa, khususnya dibidang pendidikan semakin ketat dari segi mutu pendidikan. Hal ini menyebabkan Fakultas Teknik Universitas Pancasila harus mampu menemukan keunggulan kompetitif terhadap pesaingnya. Keunggulan kompetitif tersebut dapat dicapai melalui upaya lembaga untuk memperbaiki kualitas pendidikan, sehingga sesuai dengan kcinginan clan kebutuhan pelanggan. Untuk mcmberikan usulan pcrbaikan di Jurusan Sipil Fakultas Teknik Universitas Pancasila maka pada penelitian ini digunakan metode Quality Function Deployment (QFD) dengan berpedoman pada model SERVQUAL yang menggunakan variabel-variabel kualitas berupa bukti nyata (Tangibility), keandatan (Reliability), daya tanggap (Responsiveness). jaminan (Assurance) dan empati (Emphaty). Pada penelitian ini ditetapkan 24 element keinginan pelanggan. Hasil survey menunjukkan prioritas utama adalah perbaikan infornrasi _Kerja Praktek & Tugas Akhir, dan prioritas terakhir adalah kemampuan dosen yang perlu dikembangkan. Selain 24 elemen keinginan pelanggan, dalam penelitian ini juga ditetapkan 36 elemen berdasarkan karakteristik kualitas pendidikan. Hasil survey menunjukkan prioritas utama adalah perbaikan kualitas ruang kuliah yang harus dilakukan oleh institusi dan prioritas terakhir adalah kualitas laboratorium yang perlu dikembangkan.