digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Manset longgar adalah sebuah produk yang menjadi solusi bagi perempuan berkerudung yang ingin memakai baju lengan pendeknya namun tetap menutup aurat sesuai syariat Islam. Dengan menggunakan manset longgar, seorang muslimah dapat memanfaatkan kembali baju lengan pendeknya dengan praktis, tetap berpakaian longgar, dan tidak gerah. Merek yang digunakan untuk menjual produk ini adalah Airana Collection. Meskipun bisnis ini belum dikelola dengan baik, pemilik bisnis ini merasa masih ada peluang untuk mengembangkan Airana menjadi lebih baik. Akan tetapi, penjualan manset longgar Airana masih belum stabil dan cenderung menurun. Di antara penyebabnya adalah biaya pengiriman yang meningkatkan biaya pembelian manset longgar secara signifikan. Untuk mengatasi hal tersebut, Airana perlu melakukan pengembangan produk supaya bisa menerapkan strategi cross-selling. Selain itu, selama hampir dua tahun penjualan, telah diperoleh beberapa saran dari customer mengenai produk manset longgar. Akan tetapi, Airana belum bisa menentukan saran mana yang sebaiknya direalisasikan. Oleh karena itu, diperlukan prediksi preferensi agar Airana dapat menentukan saran mana yang sebaiknya diterima dan diterapkan dalam memproduksi manset longgar. Dengan demikian, hasil produksi selanjutnya diharapkan dapat lebih mudah terjual karena sesuai dengan keinginan konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan platform kuesioner online yang disebarkan melalui social media yang digunakan Airana. Estimasi preferensi konsumen dilakukan dengan menggunakan conjoint choice based dengan estimasi hierarchical bayes (HB) yang menghasilkan nilai part-worth dan importance individual terhadap atribut yang ada. Setelah itu, dilakukan analisis cluster berdasarkan preferensi customer terhadap atribut manset longgar yang menghasilkan tiga segmen. Cluster 1 menyukai produk yang santai dan kasual, cluster 2 menyukai produk yang formal dan aman dalam menutup aurat, dan cluster 3 menyukai manset longgar yang lebih aman dalam menutup aurat lengan namun tetap terkesan santai. Hasil dari penelitian ini berupa konsep produk yang merupakan kombinasi-kombinasi atribut yang paling disukai konsumen. Melalui penelitian ini diteliti juga bagaimana karakteristik profil dari setiap segmen yang terbentuk. Berdasarkan hasil penelitian ini, Airana direkomendasikan untuk melakukan produksi manset longgar yang sesuai dengan preferensi masing-masing segmen serta memasarkan produk di Instagram dengan menggunakan rekomendasi rancangan ad set yang dihasilkan penelitian ini. Dengan menerapkan rekomendasi tersebut, penjualan manset longgar Airana diharapkan dapat meningkat.