Di dalam dunia marketing zaman sekarang, banyak sekali perkembangan yang
terjadi khususnya dalam media digital dan media sosial. Contohnya adalah banyak
perusahaan sekarang yang mengggunakan YouTube sebagai media untuk
menyampaikan strategi-strategi iklan yang kreatif, dan salah satu yang kreatif dan
sedang tren adalah iklan berformat web series. Di Indonesia, dimulai dengan web
series yang sangat fenomenal yaitu berasal dari brand Axe Indonesia dengan
‘Axelerate The Series’ dan brand Tropicana Slim dengan ‘SORE (Istri dari Masa
Depan)’. Kemudian brand-brand lain pun banyak yang mengikuti format web series
ini, seperti Traveloka dengan ‘Arief Muhammad – Mencari Pak Mamat’, Samsung
Indonesia dengan Move on Trip, etc. Berdasarkan situasi tersebut, tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif format web series iklan di YouTube
ini sebagai strategi periklanan.
Di penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif (content analysis) dan
kuantitatif (kuisioner). Peneliti menggunakan AIDA Model dan persepsi penonton
sebagai variable untuk menganalisa keefektifan dari sebuah web series iklan. Tidak
hanya untuk mengetahui efektivitas dari iklan web series, peneiliti juga
memberikan beberapa rekomendasi untuk beberapa brand yang ingin membuat
format web series sebagai strategi iklan mereka dengan menggunakan content
analysis.
Peneliti menyimpulkan bahwa iklan web series sebagai merkating communication
sukses karena berdasarkan pearson correlation dari setiap variable menunjukan
bahwa semua variable itu memppunyai korelasi positif yang kuat terhadap iklan
web series.