digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di dalam dunia marketing zaman sekarang, banyak sekali perkembangan yang terjadi khususnya dalam media digital dan media sosial. Contohnya adalah banyak perusahaan sekarang yang mengggunakan YouTube sebagai media untuk menyampaikan strategi-strategi iklan yang kreatif, dan salah satu yang kreatif dan sedang tren adalah iklan berformat web series. Di Indonesia, dimulai dengan web series yang sangat fenomenal yaitu berasal dari brand Axe Indonesia dengan ‘Axelerate The Series’ dan brand Tropicana Slim dengan ‘SORE (Istri dari Masa Depan)’. Kemudian brand-brand lain pun banyak yang mengikuti format web series ini, seperti Traveloka dengan ‘Arief Muhammad – Mencari Pak Mamat’, Samsung Indonesia dengan Move on Trip, etc. Berdasarkan situasi tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif format web series iklan di YouTube ini sebagai strategi periklanan. Di penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif (content analysis) dan kuantitatif (kuisioner). Peneliti menggunakan AIDA Model dan persepsi penonton sebagai variable untuk menganalisa keefektifan dari sebuah web series iklan. Tidak hanya untuk mengetahui efektivitas dari iklan web series, peneiliti juga memberikan beberapa rekomendasi untuk beberapa brand yang ingin membuat format web series sebagai strategi iklan mereka dengan menggunakan content analysis. Peneliti menyimpulkan bahwa iklan web series sebagai merkating communication sukses karena berdasarkan pearson correlation dari setiap variable menunjukan bahwa semua variable itu memppunyai korelasi positif yang kuat terhadap iklan web series.