digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kebisingan lalu lintas berpengaruh terhadap lingkungan. Ada dua sumber utama penyebab kebisingan lain lintas, yaitu suara mesin kendaraan dan interaksi antara roda kendaraan dan permukaan jalan. Samuel (1982), menunjukkan bahwa tekstur permukaan jalan merupakan faktor yang sangat panting dalam perambatan bising dari kendaraan ketika kendaraan bergerak pada kecepatan lebih dari 40 km/j. Penelitian ini juga mencoba mempelajari pengaruh perbedaan tekstur permukaan jalan, khususnya kekasaran jalan terhadap kebisingan lalu lintas tersebut. Ada 3 macam nilai kekasaran permukaan jalan (IRI) yang diamati yaitu IRI 1,93; IRI 2,25; IRI 2,76 untuk 3 macam tipe kendaraan, yaitu mobil, truk 2 as, dan truk > 2 as. Data yang dikumpulkan adalah kecepatan kendaraan dan tingkat tekanan suara yang ditimbulkannya yang diukur pada jarak 5 m dan 10 m dari garis tengah lajur terkiri jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian anova, data tingkat tekanan suara untuk kendaraan mobil yang diamati di tiga lokasi berbeda bersumber dari populasi yang sama sedangkan untuk truk 2 as dan truk > 2 as data tingkat tekanan suara tidak bersumber dari populasi yang sama. Hubungan antara tingkat kebisingan dan kecepatan untuk kendaraan mobil pada jarak pengamatan 5 in dan 10 m di berbagai kondisi perkerasan dengan tingkat kepercayaan 95 % adalah SPL = 26,49 Log V + 33,015 dan SPL = 24,59 Log V + 28,904. Untuk kendaraan truk 2 as, hubungan antara tingkat kebisingan dan kecepatan pada jarak pengamatan 5 m dan 10 m dengan tingkat kepercayaan 95 % adalah SPL = 19,06 Log V + 49,464 dan SPL = 17,099 Log V + 45,479 pada IRI 1,93: SPL = 19,01 Log V + 50,598 dan SPL = 18,37 Log V + 43,538 pada 1RI 2,25 serta SPL = 17,45 Log V + 53,674 dan SPL = 17,60 Log V + 45,46 pada IR1 = 2,76. Untuk kendaraan truk > 2 as, hubungan antara tingkat kebisingan dan kecepatan pada jarak pengamatan 5 m dan 10 m dengan tingkat kepercayaan 95 % adalah SPL = 28,89 Log V + 35,94 dan SPL = 28,20 Log V + 29,23 pada IRI,, 1,93: SPL = 26,84 Log V + 39,75 dan SPL = 25,05 Log V + 35,58 pada IRI 2,25 serta SPL = 22,56 Log V + 47,893 dan SPL = 23,11 Log V + 38,223 pada IRI = 2,76. Peningkatan nilai IRI, untuk truk 2 as akan mengakibatkan kenaikan tingkat kebisingan ketika kendaraan truk 2 as bergerak pada kecepatan di bawah 84 km/j sedangkan untuk truk > 2 as peningkatan nilai IRI akan mengakibatkan kenaikan tingkat kebisingan ketika kendaraan truk > 2 as bergerak pada kecepatan di bawah 68 km/j.