digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

1985_TS_PP_PRASIDHAWATY_1.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan

Thesis ini berhubungan dengan pengelompokan dan analisa dari pada 430 data kecelakaan lalu-lintas jalan di kota Bandung yang terjadi selama bulan Maret 1983 sampai dengan bulan Februari 1984. Data yang dipergunakan dalam thesis ini berdasarkan data dari pihak kepolisian yang dipergunakan untuk mendapatkan asuransi dari Jasa Raharja, dimana data-data dari formulir Jasa Raharja lebih lengkap dari pada data-data kecelakaan yang ditulis oleh pihak kepolisian pada buku catatan harian. 75 persen dari seluruh kecelakaan yang dilaporkan pada polisi, juga terdapat pada formulir Jasa Raharja. Perbandingan jumlah kecelakaan yang serius terhadap yang fatal adalah 1.7:1, dan terlihat bahwa banyak kecelakaan yang tidak dilaporkan kepada pihak kepolisian, terutama yang menyangkut kecelakaan ringan atau hanya mengakibatkan kerusakan pada kendaraan yang terlibat. Data yang ada adalah kurang lengkap ditinjau dari disiplin ilmu teknik lalu-lintas jalan, terutama tidak adanya keterangan mengenai tempat kecelakaan yang tepat, misalnya hanya disebutkan nama jalannya saja. Sistem pengelompokan dengan sistem Australia ini adalah sangat teliti dalam mengelompokan setiap kecelakaan lalu lintas jalan, oleh karena itu dibuat sistem pengelompokan yang baru yang lebih sederhana dari tiap kecelakaan yang sesuai untuk pengenalisaan berdasarkan disiplin ilmu teknik lalu-lintas dan diusulkan untuk mempergunakan formulir yang baru untuk pencatatan kecelakaan lalu-lintas jalan. Di kota Bandung, banyak terdapat bermacam-macam jenis kendaraan, juga termasuk kendaraan umum yang bermotor dan yang tidak bermotor (becak). Sepeda motor mempunyai jumlah yang terbanyak dan pengemudinya kebanyakan kurang mematuhi peraturan lalu-lintas. Dari hasil analisa didapat bahwa kecelakaan yang melibatkan sepeda motor adalah umum terjadi; dua pertiga dari seluruh kecelakaan yang terjadi adalah melibatkan sepeda motor, dan juga jumlah kecelakaan antara sepeda motor dan pejalan kaki meliputi hampir separuh dari seluruh kecelakaan yang menyangkut pejalan kaki. Seperlima dari seluruh kecelakaan adalah antara sepeda motor dan mobil. Disini juga terdapat bukti bahwa lampu sepeda motor, terutama lampu belakangnya, sering tidak menyala pada malam hari. Hanya 1 dari 4 kecelakaan yang terjadi adalah pada persimpangan. Beberapa ruas jalan dan persimpangan memperlihatkan lebih banyak kecelakaan dan pada thesis ini juga terdapat saran-saran sebagai tindakan pengamanan pada lokasi dimana kecelakaan sering terjadi .