Belanja online telah menjadi tren baru di Indonesia. Dibandingkan pergi ke tempat berbelanja, ecommerce
dapat membawa proses pembelian dan penjualan ke rumah pengguna. Kemudahan ecommerce
yang ditawarkan membuat bisnis e-commerce di Indonesia semakin berkembang.
Industri e-commerce di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir berkembang sekitar 17% dengan
total bisnis e-commerce mencapai 26,2 juta unit. Dengan begitu, banyaknya persaingan dalam
bisnis e-commerce ini membuat setiap perusahaan akan bersaing menemukan cara untuk
memuaskan pelanggan mereka. Mulai dari menjaga layanan pengiriman mereka, membuat
promosi, dan terutama mengembangkan situs web e-commerce yang lebih baik.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan komponen situs web e-commerce
yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan dalam bisnis e-commerce
pada generasi Y di Indonesia. Sampel untuk penelitian ini melibatkan 207 responden di Bandung
dan dikumpulkan selama dua bulan dari Desember 2017. Semua data dianalisis dengan metode
statistik dalam SPSS. Analisis utama pada data dilakukan dengan menggunakan metode Analisis
Regresi Berganda. Metode ini digunakan untuk menentukan arah antara setiap hubungan variabel.
Penelitian ini menemukan variabel efesiensi waktu memiliki pengaruh positif dan signifikan
terbesar terhadap kepuasan pelanggan, diikuti oleh variabel interaktivitas, dan variabel
kemudahan penggunaan. Untuk variabel visual, ada pengaruh positif pada kepuasan pelanggan
tetapi tidak signifikan. Penelitian Ini juga menemukan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh
yang sangat positif dan signifikan terhadap kesetiaan pelanggan e-commerce. Diharapkan temuan
dalam penelitian ini dapat membantu perusahaan e-commerce untuk meningkatkan situs web ecommerce
mereka.