digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Ghazza Alif Randih - 29116041.pdf
PUBLIC Yose Ali Rahman

Belanja online telah menjadi tren baru di Indonesia. Dibandingkan pergi ke tempat berbelanja, ecommerce dapat membawa proses pembelian dan penjualan ke rumah pengguna. Kemudahan ecommerce yang ditawarkan membuat bisnis e-commerce di Indonesia semakin berkembang. Industri e-commerce di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir berkembang sekitar 17% dengan total bisnis e-commerce mencapai 26,2 juta unit. Dengan begitu, banyaknya persaingan dalam bisnis e-commerce ini membuat setiap perusahaan akan bersaing menemukan cara untuk memuaskan pelanggan mereka. Mulai dari menjaga layanan pengiriman mereka, membuat promosi, dan terutama mengembangkan situs web e-commerce yang lebih baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan komponen situs web e-commerce yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan dalam bisnis e-commerce pada generasi Y di Indonesia. Sampel untuk penelitian ini melibatkan 207 responden di Bandung dan dikumpulkan selama dua bulan dari Desember 2017. Semua data dianalisis dengan metode statistik dalam SPSS. Analisis utama pada data dilakukan dengan menggunakan metode Analisis Regresi Berganda. Metode ini digunakan untuk menentukan arah antara setiap hubungan variabel. Penelitian ini menemukan variabel efesiensi waktu memiliki pengaruh positif dan signifikan terbesar terhadap kepuasan pelanggan, diikuti oleh variabel interaktivitas, dan variabel kemudahan penggunaan. Untuk variabel visual, ada pengaruh positif pada kepuasan pelanggan tetapi tidak signifikan. Penelitian Ini juga menemukan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang sangat positif dan signifikan terhadap kesetiaan pelanggan e-commerce. Diharapkan temuan dalam penelitian ini dapat membantu perusahaan e-commerce untuk meningkatkan situs web ecommerce mereka.