digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

1988_TS_PP_PRIBADI_1.pdf
PUBLIC Irwan Sofiyan

QUANTITATIVE EVALUATION OF FACTORS INFLUENCING PAVEMENT DESIGN LIFE USING COMPUTER PROGRAM DAMA, Pribadi, Lucky T. 1988, Program Sistem dan Teknik Jalan Raya, Fakultas Pasca Sarjana Institut Teknologi Bandung. Nilai kekuatan perkerasan jalan raya sangat tergantung pada ketepatan anggapan-anggapan yang diambil dalam tahap perencanaan dan pada ketidakpastian yang terjadi dalam tahap produksi dan pengerjaan lapisan perkerasan. Metoda perencanaan perkerasan secara empiris pada dasarnya sudah memperhitungan faktor-faktor tersebut, tetapi metoda ini tidak dapat memperlihatkan pengaruh akibat perubahan nilai dari masing-masing parameternya. Penerapan anggapan-anggapan perencanaan untuk situasi yang berbeda dari situasi sewaktu metoda ini diturunkan, adalah tidak mudah dan tidilk dapat menjamin kebenarannya. Metoda perencanaan perkerasan secara analitis kemudian memberikan kapasitas bagi seorang perencana untuk memperhitungkan pengaruh dari sejuml.ab parameter terhadap perencanaan dan nilai kekuatan perkerasan. Grafik perencanaan tebal perkerasan terbaru yang dikeluarkan oleh Asphalt Institute dihasilkan dari pendekatan analitis, dimana dua jenis kerusakan perkerasan yang diPerhitungkan adalah retakan dalam lapisan aspal dan rutting yang terjadi pada alur roda. Sebagai alternatif, program komputer DAMA disediakan untuk analisa yang lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan yang dapat ditemui dilapangan. Program komputer DANA digunakan pada penelitian ini untuk menyelidiki adanya pengaruh pada umur rencana perkerasan yang mungkin terjadi dalam tahapan perencanaan, tahapan produksi bahan perkerasan, dan tahapan pengerjaan lapisan perkerasan. Sebagai data acuan digunakan rencana jalan babas hambatan Padalarang-Cileunyi. Faktor-faktor yang diteliti termasuk tebal dan mutu lapisan pondasi aggregat, tinggi dan mutu bahan timbunan, kondisi tanah dasar setempat, faktor-faktor lingkungan, karakteristik campuran aspal, dan tebal lapisan aspal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program komputer DANA dapat dijadikan alat untuk memilih konstruksi jalan rencana yang otimum