digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Merek fashion lokal di Indonesia telah berkembang pesat karena antusiasme konsumen muda Indonesia dalam mencari merek fesyen lokal secara online terutama di Instagram. Oleh karena itu, bisnis fesyen dipandang sebagai bisnis yang menjanjikan karena potensi jumlah konsumen yang besar. Sejumlah merek fesyen lokal menggunakan Instagram sebagai sarana pemasaran sehingga menciptakan persaingan ketat di antara merek fesyen lokal di Instagram. Dalam menghadapi persaingan ini, praktik selebriti endorsement dianggap sebagai salah satu solusi dalam strategi iklan di Instagram. Selebriti dianggap lebih menarik dan persuasif. Namun, memilih selebriti yang tepat untuk mendukung merek fesyen lokal yang dapat menumbuhkan niat beli konsumen masih dipertanyakan. Penelitian ini menginvestigasi pengaruh kredibilitas selebriti terhadap niat beli merek fesyen lokal di Instagram. Pengaruh kredibilitas selebriti akan diukur dengan menggunakan teori sumber kredibilitas (keahlian dan kepercayaan) dan sumber daya tarik. Data dikumpulkan dengan menyebarkan survei melalui kuesioner online. Terdapat 300 responden yang valid. Penelitian ini menggunakan PLS-SEM untuk mengolah data yang telah dikumpulkan. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa daya tarik secara signifikan mempengaruhi sikap terhadap iklan dan niat beli merek fesyen lokal. Sementara itu, niat membeli tidak dipengaruhi oleh keahlian dan kepercayaan dari selebriti. Keahlian, kepercayaan, dan daya tarik selebriti dapat menciptakan sikap positif terhadap iklan merek fashion lokal.