Sungai merupakan jalur air yang dapat digunakan sebagai sarana trasnportasi. Dengan melewati jalur sungai, komoditas dapat didistribusikan tanpa terkendala dengan masalah kemacetan, infrastruktur jalan yang rusak dan polusi udara. Inland waterway merupakan jalur transportasi berbasis jalur sungai yang dapat meningkatkan distribusi volume komoditas dan menekan waktu distribusi. Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendesain kanal inland waterway di Sungai Batang Toru, Sumatera Utara dengan merubah kondisi eksisting sungai. Kriteria desain kanal Sungai Batang Toru disesuaikan dengan kebutuhan kapal yang akan melewati sungai tersebut yakni kapal Crude Palm Oil (CPO ) dengan kapasitas 300 DWT. Hal yang menjadi kriteria utama dalam mendesain kanal inland waterway adalah kedalaman, lebar, sudut dan radius tikungan kanal. Berdasarkan hal tersebut, sungai eksisting Batang Toru tidak memenuhi kriteria desain kanal sehingga diperlukan rekayasa sungai berupa normalisasi dan penyudetan. Selain dapat memenuhi kriteria desain kanal, normalisasi dapat menanggulangi banjir yang terjadi pada Sungai Batang Toru