digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Setiap individu tumbuh, belajar, dan berkembang dengan proses, cara dan keunikannya masing - masing melalui indera - indera yang dimilikinya. Pembelajaran matematika pun termasuk ke dalam proses tersebut karena sejatinya matematika tidak dapat dipisahkan dari kehidupan setiap manusia. Pengalaman di dalam belajar matematika perlu terus dieksplorasi melalui kegiatan multisensorik agar dapat menghadirkan konsep matematika yang utuh dan mendalam. Salah satu media yang dapat memfasilitasi pengalaman multisensorik dalam belajar matematika adalah komputer tablet. Kehadiran komputer tablet di dalam dunia teknologi informasi juga merupakan suatu fenomena yang perlu dicermati, diikuti, dan dimanfaatkan sebaik – baiknya, terutama bagi dunia pendidikan di Indonesia agar tidak tertinggal arus perkembangan jaman. Aplikasi yang dikembangkan ini tergolong ke dalam virtual mathematics manipulative, yaitu alat peraga matematika berbentuk piranti lunak dimana pengguna dapat memanipulasi bentuk - bentuk geometris yang terkandung di dalamnya. Materi yang dipilih untuk pengembangan aplikasi tablet ini adalah grup isometri dalam subjek simetri dan simetri. Selain karena memiliki banyak sifat - sifat menarik untuk dieksplorasi, diharapkan materi ini juga dapat memperkaya materi transformasi geometri yang biasa diajarkan pada siswa sekolah tingkat menengah. Keberadaan aplikasi isometry manipulative diharapkan dapat menjadi pelengkap di dalam mendorong motivasi belajar, khususnya di dalam mempelajari transformasi geometri di sekolah.