digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Henny Herawati
PUBLIC Alice Diniarti

Pakar pemasaran, AI Ries, mengatakan 'jika Kita ingin menjual sapi yang sama di pasar yang sama, apa yang harus dilakukan untuk menjadikan sapi Kita menjadi berbeda dad sapi yang lain? Tidak lain dengan menciptakan persepsi di benak konsumen bahwa tak ada sapi di pasar seperti sapi yang Kita tawarkan." AI Ries percaya bahwa intinya adalah branding! Sebuah merk mewakili penjualnya atau pemasar barang tersebut ataupun penyedia jasa. Informasi mengenai tingkat kemampuan konsumen untuk mengenal clan mengingat keberaclaan suatu produk atau jasa clikenal dengan "brand awareness" (kesadaran akan brand) yang bertingkat-tingkat dengan tingkat yang paling atas adalah Top Of Mind. Dari 22 hukum branding AI Ries peneliti membuat variabelvariabel untuk ditanyakan dalam kuesioner kepada responden. Pengolahan data dilakukan dengan metode analisis faktor. Metode ini dgunakan untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam melakukan investasi di Bank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank yang menjadi TOM di Indonesia saat ini adalah BCA. Bank yang sukses clan terpecaya juga dipegang oleh BCA. Untuk produk-produk perbankan yang menjadi TOM antara lain Tahapan untuk tabungan, Giro BCA, Deposito Mandiri, clan KPR BTN. Bank yang menjadi pilihan responden juga BCA. Sehingga terclapat korelasi yang positif antara Bank TOM dengan Bank yang menjadi pilihan responden. Namun pilihan ini menjadi berubah jika uang yang akan diinvestasikan dalam jumlah yang besar, mereka lebih memilih Bank Mandiri. Logo yang menjadi TOM adalah Citibank diikuti oleh Lippo Bank. Warna yang dggunakan oleh keduanya relatif sama, yaitu merah clan biru. Bentuk logo keduanya horisontal yang sesuai dengan kedua mata kita. Untuk branding bagi perbankan nasional, responden memilih agar produk bank diberi nama sesuai dengan nama Bank penerbit. Hal ini dikarenakan mereka lebih dapat mengingatnya claripada diberi nama dengan nama spesifik lainnya. Brand menurut mereka juga hendaknya hanya 1 saja yaitu dengan nama Bank. Bank yang hendaknya berganti nama menurut responden relatif ticlak ada, 71% dari mereka menjawab tidak perlu mengganti nama Bank.