2010 TA PP FAJAR ISMAIL JALA PUTRA PERDANA 1-PUSTAKA.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Ena Sukmana
Produktifitas penambangan dipengaruhi kinerja alat angkut dan alat muat, salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja dari alat angkut adalah Tahanan Gulir atau Rolling Resistance (RR). Tahanan gulir didefinisikan sebagai gaya-gaya luar yang bekerja dan terjadi ketika kendaraan bergerak di atas permukaan jalan akibat adanya interaksi antara ban dan material jalan dan bersifat menghambat gerak kendaraan. Koefisien tahanan gulir atau Coeffisien of Rolling Resistance (CRR) adalah besarnya tahanan gulir yang bekerja dibagi beban normal kendaraan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menentukan besar nilai tahanan gulir dan koefisien tahanan gulir pada material batugamping dari hasil pengujian skala lapangan serta menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap besar nilai koefisien tahanan gulir yang dihasilkan. Pengukuran nilai CRR dilakukan di skala lapangan dengan menggunakan alat angkut dump truck bermuatan total 5-15 ton dengan material jalan batugamping. Variabel-variabel pada penelitian ini adalah berat total muatan, tekanan pemompaan ban, dan kecepatan penarikan. Dari hasil pengujian didapatkan nilai CRR untuk material batugamping dengan jenis ban dump truck bias berkisar antara 0,0159 – 0,0312 dengan nilai rata-rata 0,0208. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditunjukkan bahwa kenaikan berat muatan dan kecepatan penarikan akan meningkatkan nilai CRR, sedangkan kenaikan tekanan pemompaan akan menurunkan nilai CRR. Untuk memperoleh
hubungan empirik antara antara nilai CRR yang dihasilkan dengan parameter terkait maka dilakukan analisis dimensi