Di era modern saat ini strategi penerapan merek sangat penting di setiap aspek bisnis, membangun dan mengembangkan sebuah merek yang baik dapat mempengaruhi profibilitas sebuah perusahaan. PT. Indosat Tbk sebagai operator Telekomunikasi terbesar ke-dua di Indonesia menghadapi berbagai macam tantangan akhir akhir ini. Untuk membuat PT. Indosat Tbk tetap berdaya saing dan memperbesar profibilitas perusahaan beberapa inovasi harus dijalankan. Salah satu inovasi yang dapat dijalankan adalah dengan mengubah konsep banyak merek yang diadaptasi oleh PT. Indosat Tbk sekarang menjadi konsep satu merek. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk meneliti konsep merek yang paling tepat untuk PT. Indosat Tbk saat ini, kemungkinan untuk mengadaptasi konsep satu merek dan akibat yang akan ditimbulkan (keuntungan dan kerugian) bagi PT. Indosat Tbk saat mengadaptasi konsep satu merek ini.
Untuk dapat memenuhi tujuan ini, sebuah penelitian dilakukan di PT. Indosat Tbk. penelitian ini menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada bagian pemasaran PT. Indosat Tbk, wawancara kepada manajemen Indosat, ahli merek, praktisi merek dan pengguna Indosat yang memiliki pengaruh. Tiga studi kasus juga digunakan yaitu PT. XL Axiata sebagai contoh sukses sebuah perusahaan yang sudah menerapkan konsep satu merek. Sembilan operator telekomunikasi Indonesia sebagai perbandingan local, dan sepuluh contoh operator telekomunikasi dunia sebagai perbandingan internasional. Analisis ini akan digunakan sebagai salah satu penelitian yang mendukung PT. Indosat Tbk untuk mengadaptasi konsep satu merek.
Hasil dari penelitian ini akan merekomendasikan apakah sebaiknya PT. Indosat Tbk mengadaptasi konsep satu merek atau tidak. Beberapa temuan juga akan dimasukkan ke dalam rekomendasi kepada PT. Indosat Tbk. untuk membuat pelaksanaan perubahan strategi ini berjalan baik dan beberapa masukan untuk dapat menggunakan konsep satu merek ini lebih jauh lagi.