digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan wisata sekaligus sebagai kota kreatif yang menghasilkan produk-produk unik yang membutuhkan suatu tempat sebagai ajang promosi.Fasilitas promosi dan pameran yang ada di kota Bandung masih sangat kurang dibandingkan dengan permintaan pasar yang ada.Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian pemerintah daerah terhadap kepentingan promosi dan pameran dalam usaha meningkatan kunjungan pariwisata dari segi promosi dagang.Sarana dan prasarana yang tersedia dalam upaya promosi kepda masyarakat akan terus ditingkatkan, tetapi kebanyakan fasilitas-fasilitas promosi tersebut masih mengandalkan pada fungsi, standart fungsional dan konvensional .Perlu menciptakan suatu fasilitas pameran yang mencerminkan identitas daerah dengan mengangakt unsur lokal yang melekat sehingga terasa seperti rumah sendiri bagi penduduk lokal yang mengunjungi dan pengunjung asing dapat merasakan nuansa lokal dari jawa barat.Konsep Lokal untuk membedakan bangunan ini dengan bangunan lain sehingga terdapat ciri khas yang melekat dan dapat digunakan sebagai ikon kota Bandung yang baru . Perlunya Mengangkat unsur lokal adalah untuk melestarikan kebudayaan yang semakin dilupakan dan agar mengingatkan tentang jati diri daerah yang memiliki ciri khas.Bangunan yang didesain memiliki luas bangunan sekitar lebih kurang 14.000m2 diatas tanah seluas sekitar 20.000m2, KLB 2,1 dan ketinggian maksimum 3 lantai. Bangunan ini berada di lokasi urban district yang sedang berkembang dan memiliki tipe karakteristik sifat yang majemuk.