digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada Studio Tugas akhir ini penulis mengambil kasus proyek perancangan Perpustakaan dan Pusat Belajar di Universitas Pendidikan Indonesia yang berlokasi di Setiabudhi, Bandung, Jawa Barat. Universitas Pendidikan Indonesia adalah suatu kawasan kampus yang cukup besar, mencakup tujuh jurusan serta menampung kurang lebih tiga puluh delapan ribu mahasiswa. Lulusan – lulusannya telah menjadi professional dan cendikiawan yang ahli pada bidangnya masing-masing Kondisi bangunan perpustakaan pada Universitas Pendidikan Indonesia ini kurang baik dan fasilitas, serta sistem yang ada tidak memenuhi standar internasional, hal ini bertentangan dengan visi serta misi kampus tersebut, selain itu kampus ini juga telah diberikan dana bantuan pendidikan dari Islamic Bank Development untuk menciptakan suatu kawasan kampus lengkap dengan teknologi dan fasilitas bertaraf internasional. Karena hal ini, pihak kampus berkeinginan untuk merivitalisasi perpustakaannya pada tahun-tahun mendatang. Perancangan perpustakaan ini merupakan penggabungan antara perancangan arsitektur, sirkulasi, hubungan antar ruang, serta unsur kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung maupun buku didalamnya. Permasalahan yang ada adalah selalu sepinya perpustakaan kampus. Pada intinya perngertian perpustakaan adalah tempat penyimpanan buku yang diatur oleh suatu sistem. Seiring perkembangan zaman pengertian perpustakaan seperti ini tidak berhasil bertahan karena pada umumnya perpustakaan terlalu berkonsentrasi pada tata atur dan letak buku dan melupakan kenyaman pengunjungnya. Hal inilah yang coba dikembangkan pada perpustakaan zaman sekarang. Saat ini perpustakaan juga berfungsi sebagai tempat untuk berinteraksi dan berkegiatan yang tentunya berkaitan dengan pendidikan.Pada perancangan perpustakaan dan pusat belajar kampus ini akan ditekankan pada permasalahan-permasalahan diatas, serta akan menerapkan teknologi – teknologi yang ada pada saat ini demi meningkatkan efisien dan efektivitas bangunan serta meningkatkan kenyamanan pengunjung.