digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Katallog shop adalah toko retail yang menjual produk-produk disainer lokal dan mencoba bersaing dengan usaha sejenis khususnya toko yang menjual produk fesyen dan produk kreatif lainnya. Usaha yang telah dijalankan selama satu setengah tahun ini dihadapkan dengan masalah yaitu penjualan di toko Katallog shop Jl. Dipatiukur No. 1 Bandung tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan sebelumnya. Hasil wawancara juga menyebutkan bahwa hasil penjualan Katallog Shop berada di bawah rata-rata penjualan produk serupa yang didapat oleh pesaing per bulannya. Hal tersebut tentunya akan mengganggu kelangsungan bisnis Katallog shop pada masa yang akan datang. Untuk mencari gejala dan akar masalah yang menyebabkan tidak tercapainya target penjualan, dalam thesis ini dilakukan analisis lingkungan baik secara mikro maupun makro, analisis segmen pasar, target pasar, posisi, dan mengukur kekuatan serta kelemahan bauran retail yang telah dilakukan Katallog Shop. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan jenis penelitian deskriptif analitis melalui studi pustaka dan studi lapangan yang didukung oleh riset dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil analisis tersebut menunjukan bahwa akar masalah Katallog shop diakibatkan oleh kurangnya kegiatan komunikasi pemasaran, tidak tepatnya strategi pemilihan lokasi dan tidak adanya sistem pengelolaan inventori merchandise. Solusi pertama yang disarankan untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh Katallog Shop adalah dengan memberikan alternatif pada perbaikan strategi promosi dan periklanan dalam meningkatkan image dari Katallog dan brand-brand yang ada didalamnya serta untuk menyampaikan nilai yang ingin diberikan kepada konsumen. Berikutnya adalah strategi pemilihan lokasi yang sesuai dengan target market yang dituju oleh Katallog Shop dan yang terakhir adalah pembuatan sistem inventori merchandise yang baik agar pemesanan produk dapat berjalan dengan efektif dan kelengkapan produk yang disediakan dapat ditingkatkan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen Katallog Shop. Solusi-solusi tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan Katallog Shop. Solusi tersebut tentunya membutuhkan sumber daya yang harus disiapkan oleh Katallog Shop mulai dari sumber daya manusia, finansial dan operasional dalam mengimplementasikannya dan rencana implementasi yang dibuat adalah untuk periode 1 tahun. Diharapkan kegiatan ini dilakukan secara berlanjut untuk ke depannya dengan mempertimbangkan perbaikan secara berkelanjutan dengan dasar evaluasi yang dilakukan secara periodik.