Katallog shop adalah toko retail yang menjual produk-produk disainer lokal dan mencoba
bersaing dengan usaha sejenis khususnya toko yang menjual produk fesyen dan produk kreatif
lainnya. Usaha yang telah dijalankan selama satu setengah tahun ini dihadapkan dengan masalah yaitu
penjualan di toko Katallog shop Jl. Dipatiukur No. 1 Bandung tidak sesuai dengan target yang telah
ditetapkan sebelumnya. Hasil wawancara juga menyebutkan bahwa hasil penjualan Katallog Shop
berada di bawah rata-rata penjualan produk serupa yang didapat oleh pesaing per bulannya. Hal
tersebut tentunya akan mengganggu kelangsungan bisnis Katallog shop pada masa yang akan datang.
Untuk mencari gejala dan akar masalah yang menyebabkan tidak tercapainya target
penjualan, dalam thesis ini dilakukan analisis lingkungan baik secara mikro maupun makro, analisis
segmen pasar, target pasar, posisi, dan mengukur kekuatan serta kelemahan bauran retail yang telah
dilakukan Katallog Shop. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
survey dengan jenis penelitian deskriptif analitis melalui studi pustaka dan studi lapangan yang
didukung oleh riset dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil analisis tersebut
menunjukan bahwa akar masalah Katallog shop diakibatkan oleh kurangnya kegiatan komunikasi
pemasaran, tidak tepatnya strategi pemilihan lokasi dan tidak adanya sistem pengelolaan inventori
merchandise.
Solusi pertama yang disarankan untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh
Katallog Shop adalah dengan memberikan alternatif pada perbaikan strategi promosi dan periklanan
dalam meningkatkan image dari Katallog dan brand-brand yang ada didalamnya serta untuk
menyampaikan nilai yang ingin diberikan kepada konsumen. Berikutnya adalah strategi pemilihan
lokasi yang sesuai dengan target market yang dituju oleh Katallog Shop dan yang terakhir adalah
pembuatan sistem inventori merchandise yang baik agar pemesanan produk dapat berjalan dengan
efektif dan kelengkapan produk yang disediakan dapat ditingkatkan untuk memenuhi keinginan dan
kebutuhan konsumen Katallog Shop. Solusi-solusi tersebut diharapkan dapat membantu
meningkatkan penjualan Katallog Shop.
Solusi tersebut tentunya membutuhkan sumber daya yang harus disiapkan oleh Katallog
Shop mulai dari sumber daya manusia, finansial dan operasional dalam mengimplementasikannya dan
rencana implementasi yang dibuat adalah untuk periode 1 tahun. Diharapkan kegiatan ini dilakukan
secara berlanjut untuk ke depannya dengan mempertimbangkan perbaikan secara berkelanjutan
dengan dasar evaluasi yang dilakukan secara periodik.