Kapal Isap Produksi (KIP) Timah I merupakan jenis kapal keruk Mesin Gali Isap (MGI) yang berfungsi untuk menghisap bahan baku bijih timah dari dasar laut, melakukan pengolahan awal, lalu memindahkannya ke tempat lain untuk proses lanjutan. Adanya kebutuhan pembangunan kapal isap dengan cara merekayasa balik mengakibatkan perlunya analisis desain acuan yang harus disesuaikan dengan penggunaan kapal isap ini nantinya.
Analisis desain diantaranya berupa stabilitas kapal dan kekuatan struktur. Stabilitas awal dipengaruhi oleh posisi titik berat dan titik apungnya. Suatu kapal seimbang stabil jika gaya berat dan gaya apungnya dapat menghasilkan righting moment yang mengembalikan kapal ke posisi semula saat kapal miring. Di sisi lain, kapal isap harus memenuhi kriteria keselamatan berupa freeboard minimum sebesar 50 cm dalam keadaan normal. Sedangkan analisis kekuatan struktur difokuskan pada analisis kekuatan ladder kapal isap sebagai struktur penopang peralatan isap dalam kapal ini.
Hasil analisis menunjukkan bahwa desain KIP memenuhi kriteria keseimbangan stabil, namun freeboard yang terjadi tidak memenuhi standar keselamatan kapal sehingga perlu dilakukan penambahan ponton. Penambahan beberapa buah ponton dengan pengaturan posisi yang tepat akan menghasilkan freeboard yang memenuhi standar minimalnya.
Penggunakan piranti lunak berbasis metode elemen hingga menghasilkan data tegangan struktur ladder dengan faktor keamanan minimum sebesar 1,5. Adanya permintaan faktor keamanan minimum sebesar 2 mengakibatkan perlunya modifikasi struktur ladder. Modifikasi yang berupa penambahan komponen struktur, akhirnya menghasilkan rancangan ladder alternatif dengan faktor keamanan yang memenuhi kriteria.