PT. Len Industri adalah satu Anak Perusahaan dari Kelompok Industri Strategis yang mengemban missi pokok Industri Strategis , yakni :
1. Memupuk Keuntungan dari kegiatan usahanya.
2. Penguasaan Teknologi dalam rangka memberikan kontribusi kepada peningkatan kemampuan infrastruktur Industri nasional dan Kemandirian Pertahanan Keamanan Nasional.
Latar belakang misi didalam pendirian Badan Usaha sebagaimana diatas, menjelaskan bagaimana LEN yang semula berbentuk sebuah Lembaga Penelitian dibawah LIPI, pada tahun 1990 didirikan menjadi sebuah Persero. Latar Belakang historis ini pula yang memberikan warna kuat pada pilihan Bidang Usaha, Struktur Industri serta berbagai Resources yang dimiliki pada saat pendiriannya, dan selanjutnya mengalami pengembangan-pengembangan dalam perjalanan waktu sejak pendirian sampai sekarang. Beberapa karakteristik dominan yang merupakan Citra Umum atas diri PT.LEN dewasa ini adalah :
• PT.LEN bergerak dalam bidang usaha Professional Electronic.
• PT.LEN mempunyai kekuatan pada cukup besarnya Tenaga Electronic Engineer yang terbiasa bergerak dalam bidang Research and Development, disamping dimilikinya pula fasilitas dan Peralatan Industri Electronika yang cukup memadai, walaupun dalam Skala yang tidak terlalu besar. (Bukan untuk mass production).
• Pasar dari bidang usaha ini pada umumnya adalah Badan Pemerintah, dan berbentuk Proyek Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi dan Elektronik.
Dalam rangka usaha mencari bidang kegiatan-usaha yang tidak menggantungkan diri pada Pembeli Tunggal – Pemerintah , maka sejak 1998 PT. LEN mengembangkan lini usaha baru yakni: "Electronic Consumer - Goods" dalam bentuk beberapa Peralatan Tenaga surya, seperti misalnya Lampu Petromaks listrik / Tenaga Surya , Lampu Nelayan Bawah Air (listrik/ Tenaga Surya), Lampu Perahu Tenaga Surya (Solar Boat System), System-Pencahayaan Rumah Tenaga Surya (Solar House System) dan Lampu-Penerangan Jalan Tenaga Surya. Pokok Permasalahan yang dibahas dalam Karya Akhir ini, adalah untuk melakukan pengkajian atas langkah strategis yang telah diambil oleh PT.LEN dengan memasuki bidang usaha baru dari latar belakang pengalaman Usaha dibidang "Profesional Electronic" ke dalam bidang yang relatif baru bagi PT.LEN yakni, bidang "Consumer Goods". Dua Bidang Usaha yang jauh berbeda , dalam :
• Struktur dan Tingkah Laku Pasar, Pola Distribusi, Consumer behavior, dan lain lain varible pasar.
• Manajemen Pemasaran dan Penjualan.
• Applikasi Teknologi (Electronik).
• Pengelolaan Corporate Resources yang diperlukan, dll.
Dari hasil Analisa dan pembahasan yang menggunakan pendekatan "Berbasis sumber daya " pada pengembangan Strategi Korporasi, diharapkan akan dapat di identifisir berbagai Sumber daya dalam Perusahaan yang harus dimiliki oleh PT. LEN untuk dapat berhasil meningkatkan pertumbuhan Usahanya; baik dalam bentuk Tangible – Intangible assets, Organizational Capabilities maupun Stock Vs Flows of Assets & Capabilities yang dimiliki perusahaan. Beberapa issue mengenai structure, systems dan Processes akan disinggung serba sedikit - sejauh dibutuhkan sebagai prasyarat bagi keberhasilan implementasi dari Strategi Korporasi yang dikembangkan diatas. Dari pembahasan ini, diharapkan akan dapat menjadi saran dan rekomendasi bagi PT.LEN untuk memperkuat kemampuan / kompetensi Perusahaan didalam memasuki bidang usaha barunya.