Setiap cacat pada bantalan memiliki ciri respon getaran tertentu. Dengan mengetahui frekuensi cacat bantalan teoritik, dapat dianalisis cacat-cacat yang terjadi pada bantalan. Frekuensi cacat yang timbul pada umumnya mempunyai sideband, yang menandakan bahwa sinyal cacat tersebut termodulasi. Penelitian ini dibuat untuk mengkaji karakteristik respon getaran pada bantalan roll akibat
beban statik dan permukaan bantalan yang bergelombang (waviness).
Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini meliputi pengujian FRF (Fungsi Respon Frekuensi) untuk mengetahui karakteristik dinamik obyek uji dan pengujian spektrum frekuensi bantalan uji untuk mengukur respon getaran yang
terjadi pada bantalan pada berbagai kecepatan dan pembebanan. Variasi putaran yang digunakan pada pengujian spektrum frekuensi adalah 300Rpm, 600Rpm, 900Rpm, dan 1200Rpm, sedangkan beban statik yang digunakan adalah 200N, 400N, dan 600N dalam arah horizontal, vertikal dan kombinasi keduanya.
Hasil eksperimen menunjukkan bahwa terdapat Roll Passage Frequency (RPF) beserta sidebandnya akibat pembebanan statik. Selain itu, pada bantalan uji ditemukan adanya waviness dengan orde 4 pada lintasan dalam dan orde 6 pada
lintasan luar bantalan.