digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sistem kendali bising aktif merupakan teknik peredaman bising dengan memanfaatkan prinsip superposisi destruktif gelombang, yakni membangkitkan sinyal antibising yang berlawanan fasa dengan sinyal bising untuk menghasilkan peredaman. Teknik kendali bising aktif sangat efektif untuk meredam bising pada frekuensi rendah dan sangat tepat untuk melengkapi teknik peredaman pasif yang efektif untuk meredam bising pada frekuensi tinggi. Pada Tugas Akhir ini telah dilakukan implementasi sistem kendali bising aktif berbasis DSK TMS320C6713 multi kanal desentralisasi dan sentralisasi dengan algoritma FxLMS dan FxNLMS untuk meredam sinyal bising mesin utama mobil dalam kabin mobil. Percobaan peredaman sistem kendali bising aktif dilakukan dalam ruang tertutup, yakni dalam ruang kabin mobil buatan. Peredaman maksimum yang diperoleh dihasilkan dengan menggunakan sistem kendali bising aktif multi kanal dengan orde sekunder 64 dan orde filter adaptif 64 dan dengan konfigurasi 1 × 4 × 4 desentralisasi dengan menggunakan algoritma FxNLMS, yakni dengan nilai peredaman sebesar 3.5-3.8 dBA yang merupakan hasil pengukuran Sound Level Meter.