Kelangkaan bahan bakar fosil yang saat ini melanda dunia merupakan topik yang menjadi sorotan berbagai negara di dunia. Bahan bakar fosil yang saat ini merupakan salah satu
sumber energi dunia yang banyak dipakai oleh industri ataupun perorangan merupakan komponen penting dari keberlangsungan hidup masyarakat dunia. Oleh karena itu,
berbagai program dan wacana dihadirkan dalam rangka mengurangi pemakaian bahan bakar fosil.
Dalam upaya penghematan penggunaan bahan bakar fosil maka salah satu perusahaan asal Belanda yang bergerak dibidang energi, membuat suatu perlombaan yang bernama Shell Eco-marathon. Pada perlombaan tersebut peserta diharuskan membuat sebuah kendaraan dimana kendaraan tersebut harus menempuh jarak terjauh dengan satu liter bahan bakar. Salah satu bagian utama dari kendaraan tersebut adalah chassis dimana chassis merupakan penompang dasar dari bagian utama lainnya. Salah satu dari komponen chassis adalah rangka utama (mainframe), rangka utama ini merupakan tempat
bertumpunya komponen utama lainnya maupun komponen pendukung dari kendaraan Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah mendesain dan menganalisis kondisi secara statik rangka utama dari kendaraan yang akan digunakan tim Cikal Nusantara yang diperlombakan pada ajang Shell Eco-marathon. Analisis yang dilakukan ditujukan untuk mengetahui kondisi rangka utama seperti tegangan dan deformasi yang terjadi, faktor keamanan, dan kelayakan rangka utama setelah diberi pembebanan. Analisis dilakukan dengan perangkat lunak berbasis elemen hingga, yaitu Ansys 12.