Minyak bumi adalah hasil alam yang sangat penting bagi dunia. Saat ini, karena krisis energi yang terjadi di seluruh dunia, penggunaan minyak bumi harus dibatasi dengan mengurangi penggunaan bahan bakar. Manusia selama ini sudah bekerja keras mencari solusi dari masalah ini. Solusi terbaik untuk saat ini adalah dengan mengurangi konsumsi bahan bakar. Salah satu cara melakukan hal itu adalah dengan menggunakan aditif bahan bakar dalam operasi motor bakar torak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan performa
penghematan bahan bakar dari empat jenis aditif bensin berbeda dan aplikasinya yang paling efektif. Penelitian dilakukan pada operasi stasioner, menggunakan generator set bensin dengan beban berupa pemanas listrik. Nilai specific fuel consumption dari setiap sampel kemudian dihitung dan dibandingkan dengan specific fuel consumption dari bahan bakar tanpa aditif. Akhirnya, pengaruh ekonomi dari penggunaan aditif dihitung dan dibandingkan satu sama lain.
Penelitian ini menunjukan bahwa aditif-aditif bensin ini bekerja dengan baik pada pembebanan rendah dan menengah, tetapi kinerjanya kurang menguntungkan pada pembebanan tinggi. Dari sisi ekonomi, kebanyakan dari aditif bahan bakar tersebut, menguntungkan bila digunakan pada beban rendah.
Penelitian ini menemukan aditif terbaik untuk operasi beban 33%, 67% dan 100% secara berurutan adalah TA-4 300 PPM, TA-4 300 PPM dan TA-1 300 PPM. Disimpulkan bahwa aditif-aditif ini hanya menghemat bahan bakar pada pembebanan rendah dan menengah. Aditif-aditif tersebut memberikan penghematan biaya jika digunakan pada beban rendah.