digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penggunaan bahan bakar alternatif bagi kendaraan bermotor perlu dikembangkan seiring dengan menipisnya cadangan minyak bumi dunia yang berasal dari fosil tak terbarukan. Pengembangan yang dilakukan adalah penggunaan biogas dari bungkil jarak pagar (Jatropha Curcas L) sebagai bahan bakar ganda motor diesel yang memerlukan modifikasi komponen terhadap saluran intake motor diesel yaitu berupa alat pencampur (mixer) antara udara dengan biogas. Pengujian motor diesel menggunakan bahan bakar ganda solar-biogas dari bungkil jarak pagar ini adalah pengujian yang pertama dilakukan di dunia. Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penggunaan bahan bakar biogas tersebut terhadap prestasi dan emisi gas buang pada motor diesel dengan sistem bahan bakar ganda. Bahan bakar biogas yang digunakan adalah biogas yang berasal dari bungkil jarak pagar. Motor diesel yang digunakan adalah motor Diesel Tian Li satu silinder, 815 cc, 4 (empat) langkah, tipe penyemprotan langsung, dengan daya maksimum 14 hp pada 2.000 ppm, dan perbandingan kompresi 1 : 20. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan biogas dapat menurunkan daya efektif maksimum sebesar 6,8 % dan penurunan efisiensi termal (Et) maksimum sebesar 36 %. Selain itu juga mampu menekan BSFC solar 40,1 % pada operasi 1.500 ppm, tetapi nilai konsumsi energi spesifik mengalami peningkatan. Disisi lain, emisi CO, CO2, dan HC juga mengalami peningkatan, sedangkan emisi O2 rata-rata turun 1,29 % dan nilai kepekatan asap (opacity) mengalami penurunan sebesar 79 %.