digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

High speed exit taxiway merupakan salah satu fasilitas dari runway. Karena fungsinya yang demikian penting dalam penentuan waktu pemakaian runway maka lokasi high speed exit taxiway dipilih sedemikian rupa sehingga waktu tinggal pesawat di runway dapat dipersingkat.Penelitian ini mengamati proses landing pesawat mulai dari threshold runway, touchdown hingga pesawat mencapai kecepatan di high speed exit taxiway. Dengan menggunakan kurva normal sebagai distribusi probabilitas lokasi high speed exit taxiway ideal untuk setiap kategori pesawat didapatkan lokasi high speed exit taxiway yang memberikan penambahan waktu pemakaian runway terkecil.Penelitian yang dilakukan di runway utara Bandara Soekarno-Hatta memperlihatkan bahwa untuk landing dari arah 07L hanya diperlukan satu penambahan high speed exit taxiway pada jarak 1830 meter dari threshold. Penambahan ini akan menurunkan penambahan waktu pemakaian runway setiap pesawat kategori C dari 35 detik menjadi 5 detik, sehingga berpotensi untuk meningkatkan kapasitas sampai dengan 6 pergerakan perjam. Bagi pesawat yang landing dari arah 25R dapat dilakukan penambahan high speed exit taxiway pada jarak 2350 meter dari threshold 25R. Penambahan ini dimaksudkan untuk menurunkan penambahan waktu pemakaian runway setiap pesawat kategori D dari 25 detik menjadi 4 detik, sehingga berpotensi untuk meningkatkan kapasitas sampai dengan 4 pergerakan perjam.