digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2009 TS PP ALVANI WIWOHO 1.pdf


Implementasi model-model fisika pada video game memberikan pengalaman baru dalam hal interaktivitas, sensasi, dan realitas ketika bermain dalam dunia maya. Rigid body dynamics dapat mensimulasikan gaya dan gravitasi terhadap suatu benda sehingga benda tersebut dapat berperilaku seperti pada dunia nyata. Kelemahan dari rigid body adalah bentuk benda yang disimulasikan tidak dapat berubah bentuk. Untuk mengatasi hal tersebut pada beberapa tahun belakangan ini dikembangkan metoda-metoda untuk aplikasi real time dari soft body dynamics. Soft body dynamics mengatasi simulasi obyek-obyek yang dapat berubah bentuk (deformable) seperti kain, rambut, dan karet yang tidak dapat disimulasikan soft body.Model spring-mass merupakan salah satu model yang dapat digunakan untuk melakukan simulasi soft body dynamics. Model ini menggunakan titik-titik massa yang dihubungkan satu sama lain dengan menggunakan pegas. Penggunaan pegas pada model ini memungkinkan benda untuk menjadi pendek atau menjadi panjang apabila dikenakan suatu gaya. Getaran yang dihasilkan dari penggunaan pegas menyebabkan model ini sangat cocok untuk mensimulasikan benda-benda karet.Simulasi dinamika dan penyobekan kertas dapat diimplementasikan dengan model spring-mass. Struktur grid dari spring-mass mempermudah proses penyobekan yang merupakan operasi pembelahan sisi secara geometris. Masalah yang timbul pada proses simulasi adalah sifat kertas yang lebih kaku dari kain atau karet. Beberapa metoda seperti memperbesar nilai konstanta pegas dan penambahan constraint telah dikembangkan untuk mengatasi hal tersebut. Tesis ini akan membahas metoda, algoritma, dan implementasi simulasi dinamika dan penyobekan kertas menggunakan model spring-mass.