Telah dilakukan pengembangan pembelajaran fisika melalui pengembangan model pembelajaran, bahan ajar, dan alat ukur penilaian menggunakan karya sinematografi pada materi pokok teori relativitas khusus. Pengembangan pembelajaran dilakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SMA Kelas XII. Model pembelajaran yang dikembangkan mempunyai karaktristik tertentu dalam tahapannya, yakni kontak, kuriositi, elaborasi, pengambilan keputusan, nexus, dan penilaian. Tahap kontak (contact phase) berisi penayangan film tentang GPS (Global Positioning System). Tahap kuriositi (curiosity phase) dilakukan melalui pertanyaan apakah teori relativitas khusus dan pengaruhnya terhadap ketelitian GPS. Tahap elaborasi (elaboration phase) berisi pembelajaran teori relativitas khusus dan pengaruhnya terhadap waktu dan ruang. Tahap pengambilan keputusan sosiosaintifik (socioscientific decision making phase) dikembangkan melalui pertanyaan tentang apa yang dilakukan untuk mengkalibrasi jam atomik pada satelit yang akan diluncurkan. Tahap nexus (nexus phase) berisi pembahasan adegan film fiksi sains. Tahap penilaian (assesment phase) dilakukan melalui penilaian kemampuan literasi sains dalam bentuk butir-butir tes. Bahan ajar dikembangkan dalam bentuk perangkat lunak pembelajaran berisi karya sinematografi dan animasi audio visual yang dikemas dalam program Flash. Alat ukur penilaian mengukur kemampuan literasi sains siswa pada aspek konten, proses, konteks aplikasi, dan respon sikap/nilai. Alat ukur penilaian juga dikemas dalam bentuk perangkat lunak pembelajaran berisi film dan animasi audio visual menggunakan program Flash.