digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2009 TA PP MUHAMMAD AMRIREZA 1-COVER.pdf


2009 TA PP MUHAMMAD AMRIREZA 1-BAB 1.pdf

2009 TA PP MUHAMMAD AMRIREZA 1-BAB 2.pdf

2009 TA PP MUHAMMAD AMRIREZA 1-BAB 3.pdf

2009 TA PP MUHAMMAD AMRIREZA 1-BAB 4.pdf

2009 TA PP MUHAMMAD AMRIREZA 1-BAB 5.pdf

2009 TA PP MUHAMMAD AMRIREZA 1-BAB 6.pdf

2009 TA PP MUHAMMAD AMRIREZA 1-PUSTAKA.pdf

Pada tugas akhir ini dikaji penyelesaian domain masalah perencanaan permainan bridge yang berbeda dari sejumlah permainan yang telah disebutkan sebelumnya. Perbedaan utama dari domain masalah ini adalah keberadaan informasi yang tersembunyi yang akan membuat penyelesaian dengan cara yang sama tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, dipilih satu solusi yang dapat menangani informasi tersembunyi pada domain masalah ini yaitu metoda Total-Ordered Hierarchical Task Network Planning. Pada pendekatan ini pencarian solusi akan dibantu oleh sebuah basis pengetahuan yang akan menentukan aksi-aksi yang perlu dipertimbangkan dalam pencarian sehingga akan memperkecil ruang pencarian.