2009 TA PP HENGKY BUDIMAN 1-COVER.pdf
PUBLIC rikrik 2009 TA PP HENGKY BUDIMAN 1-BAB 1.pdf
PUBLIC rikrik 2009 TA PP HENGKY BUDIMAN 1-BAB 2.pdf
PUBLIC rikrik 2009 TA PP HENGKY BUDIMAN 1-BAB 3.pdf
PUBLIC rikrik 2009 TA PP HENGKY BUDIMAN 1-BAB 4.pdf
PUBLIC rikrik 2009 TA PP HENGKY BUDIMAN 1-BAB 5.pdf
PUBLIC rikrik 2009 TA PP HENGKY BUDIMAN 1-BAB 6.pdf
PUBLIC rikrik 2009 TA PP HENGKY BUDIMAN 1-PUSTAKA.pdf
PUBLIC rikrik
Permainan Big2 merupakan permainan kartu yang populer, terutama di wilayah Asia Timur
dan Asia Tenggara. Permainan ini merupakan permainan dengan strategi dan kemungkinan
yang kompleks. Namun sayangnya, tidak seperti permainan kartu populer lainnya, studi
mengenai permainan Big2 masih sangat sedikit sehingga masih banyak hal baru yang bisa
dipelajari dari permainan ini.
Pada Tugas Akhir ini, dilakukan studi mengenai metode apa yang paling tepat untuk
membuat aplikasi berbasis intelegensia buatan pada permainan Big2. Metode yang
dieksplorasi ada 3, yaitu Bayesian Network, Minimax, dan Rule Based System, sedangkan
metode yang dipilih adalah Bayesian Network dan Minimax. Setelah itu, dilakukan juga studi
mengenai cara menggunakan metode tersebut untuk mengoptimalkan peluang kemenangan
agent.
Perangkat lunak yang dikembangkan pada Tugas Akhir ini bernama BNM. Perangkat lunak
ini merupakan sebuah simulasi permainan Big2 yang terdiri dari 4 orang pemain, yaitu
sebuah agent yang menggunakan metode Bayesian Network dan algoritma Minimax, dua
buah agent yang menggunakan algoritma Greedy, dan seorang human player. Perangkat
lunak ini dibangun pada aplikasi desktop dengan menggunakan aplikasi Java.
Pada Tugas Akhir ini juga dilakukan pengujian terhadap perangkat lunak yang dikembangkan
untuk menguji apakah perangkat lunak tersebut sudah memenuhi spesifikasinya dengan baik.
Pengujian untuk mengukur rata – rata kemenangan agent yang dikembangkan juga dilakukan
untuk melihat apakah hasilnya memuaskan atau tidak. Dari hasil pengujian tersebut,
didapatkan bahwa peluang kemenangan agent adalah 23% di atas peluang rata – rata .