digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2009 TS PP ARY ARVIANTO 1-COVER.pdf


2009 TS PP ARY ARVIANTO 1-BAB 1.pdf

2009 TS PP ARY ARVIANTO 1-BAB 2.pdf

2009 TS PP ARY ARVIANTO 1-BAB 3.pdf

2009 TS PP ARY ARVIANTO 1-BAB 4.pdf

2009 TS PP ARY ARVIANTO 1-BAB 5.pdf

2009 TS PP ARY ARVIANTO 1-BAB 6.pdf

2009 TS PP ARY ARVIANTO 1-PUSTAKA.pdf

Vehicle Routing Problem merupakan permasalahan rute kendaraan yang bersifat hard combinatorial yang banyak menjadi perhatian dalam literatur riset operasi. Berbagai varian VRP telah banyak muncul dalam berbagai penelitian. Adanya multiple product and compartments, diperbolehkannya multiple trips dan split delivery merupakan aspek-aspek permasalahan VRP yang telah diteliti oleh Komara (2006), namun banyak kasus nyata dimana pelanggan mempertimbangan waktu pelayanan yang menggunakan pengaturan jam buka dan jam tutup yang lebih dari sekali dalam satu perencanaan horison tertentu (multiple time windows). Hal ini penting karena di satu sisi banyak digunakan secara luas di dalam praktek dan kasus nyata, di sisi lain model ini melibatkan aspek NP-hard. Permasalahan dalam penelitian ini menyangkut penentuan jumlah dan rute kendaraan untuk kondisi multiple time windows dengan tetap melibatkan aspek multiple product and compartments, multiple trips dan split delivery. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, langkah pertama adalah mengembangkan model matematik berdasarkan model-model terdahulu. Langkah selanjutnya menyelesaikan secara heuristik dengan mengembangkan algoritma sequential insertion dan operator perbaikan relocation 1-0 berdasarkan penelitian Komara (2006). Algoritmaalgoritma diimplementasikan dalam teknik Local Search (LS) yang menjadi dasar pemecahan permasalah dalam penelitian ini. Langkah terakhir adalah verifikasi model yang dilakukan dengan pengujian menggunakan data hipotetik dan data kasus di NTT dan Timor leste, selanjutnya dilakukan analisis terhadap algoritma, kemamputerapan, dan perubahan parameter.