digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2009 TA PP ANDIKA PUTRA NUGROHO 1-COVER.pdf

File tidak tersedia

2009 TA PP ANDIKA PUTRA NUGROHO 1-BAB 1.pdf
File tidak tersedia

2009 TA PP ANDIKA PUTRA NUGROHO 1-BAB 2.pdf
File tidak tersedia

2009 TA PP ANDIKA PUTRA NUGROHO 1-BAB 3.pdf
File tidak tersedia

2009 TA PP ANDIKA PUTRA NUGROHO 1-BAB 4.pdf
File tidak tersedia

2009 TA PP ANDIKA PUTRA NUGROHO 1-BAB 5.pdf
File tidak tersedia

2009 TA PP ANDIKA PUTRA NUGROHO 1-BAB 6.pdf
File tidak tersedia

2009 TA PP ANDIKA PUTRA NUGROHO 1-PUSTAKA.pdf
File tidak tersedia

Pada tugas akhir ini telah dilakukan implementasi sistem kendali aktif berbasis Digital Signal Processing untuk meredam bising dalam kabin yang disebabkan suara mesin mobil. Bising yang dipakai merupakan sinyal rekaman dari mesin mobil. Percobaan dilakukan dalam ruang kecil yang tertutup (enclosured) menggunakan algoritma FxLMS umpan maju multikanal. Percobaan dilakukan untuk memperoleh geometri optimal yang menghasilkan peredaman maksimum. Posisi geometri optimal terjadi bila sumber pengendali diletakkan dekat dengan sumber bising, sedangkan untuk sensor, diletakkan ditempat dekat dengan sumber sekunder dan memiliki koherensi yang baik dengan sinyal referensi. Peredaman maksimal yang dengan panjang filter adaptif 64 dan panjang jalur sekunder 64 bila diukur dengan Sound Level Meter adalah 3,5dBA. Orde filter yang lebih panjang juga memperbagus hasil redaman, untuk filter adaptif dengan orde 128 didapatkan redaman sebesar 4dBA. Penggunaan panjang orde filter dibatasi oleh kemampuan DSP dalam mengolah data, semakin panjang orde maka perlu waktu lebih lama untuk menyelesaikannya.