2008 TS PP I NYOMAN EDDY INDRAYANA 1-COVER.pdf
2008 TS PP I NYOMAN EDDY INDRAYANA 1-BAB1.pdf
2008 TS PP I NYOMAN EDDY INDRAYANA 1-BAB2.pdf
2008 TS PP I NYOMAN EDDY INDRAYANA 1-BAB3.pdf
2008 TS PP I NYOMAN EDDY INDRAYANA 1-BAB4.pdf
2008 TS PP I NYOMAN EDDY INDRAYANA 1-BAB5.pdf
2008 TS PP I NYOMAN EDDY INDRAYANA 1-PUSTAKA.pdf
Masalah utama yang tidak dapat dihindari pada multiplayer game adalah latency. Latency pasti akan terjadi mengingat transmisi data pada jaringan membutuhkan waktu pada media transmisi dari komputer satu ke komputer lainnya. Tujuan dari tesis ini adalah membangun program multiplayer dengan pemrograman multithread dan metoda prediksi ekstrapolasi linier untuk mengurangi pengaruh latency.
Pada bagian akhir dari tesis ini akan dilakukan pengujian terhadap teknik pemrograman multithread dan prediksi yang diimplementasikan pada game GL-117 (free source code) yang dikembangkan menjadi multiplayer Air Combat Flight Simulator (ACFS). Source code game GL-117 yang asli, belum menyediakan fasilitas multiplayer. Pengujian juga dilakukan dengan membandingkan metoda prediksi ekstrapolasi linier dengan metoda prediksi Catmull-Rom. Pengujian terhadap dua metoda prediksi ini dilakukan pada tiga macam pola lintasan yaitu lintasan yang cenderung lurus, lintasan yang smooth dan lintasan berpola acak. Hasil pengujian menunjukkan pemrograman dengan menggunakan multithread dapat meningkatkan tanggapan server terhadap permintaan client. Prediksi dengan metoda ekstrapolasi linier memberikan hasil kesalahan yang lebih sedikit dibandingkan dengan penggunaan metoda Catmull-Rom dan dapat diadaptasikan pada multiplayer ACFS. Hasil pengujian ini menyimpulkan pemrograman dengan multithread dan penggunaan metoda ekstrapolasi linier dapat mengurangi pengaruh latency pada multiplayer ACFS.