digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


2008 TA PP ARIANI KUNTARI KUNARYO 1-BAB 1.pdf
Terbatas Vika Anastasya Kovariansi
» ITB

2008 TA PP ARIANI KUNTARI KUNARYO 1-BAB 2.pdf
Terbatas Vika Anastasya Kovariansi
» ITB

2008 TA PP ARIANI KUNTARI KUNARYO 1-BAB 3.pdf
Terbatas Vika Anastasya Kovariansi
» ITB

2008 TA PP ARIANI KUNTARI KUNARYO 1-BAB 4.pdf
Terbatas Vika Anastasya Kovariansi
» ITB

2008 TA PP ARIANI KUNTARI KUNARYO 1-BAB 5.pdf
Terbatas Vika Anastasya Kovariansi
» ITB

2008 TA PP ARIANI KUNTARI KUNARYO 1-PUSTAKA.pdf
Terbatas Vika Anastasya Kovariansi
» ITB

Setiap manusia memiliki “Multiplle Intelligences” yang dapat dikembangkan untuk memecahkan berbagai macam permasalahan dan menciptakan berbagai macam produk yang bernilai dalam sebuah kebudayaan. Kemampuan tersebut 50% terbentuk pada usia dini (0 - 4 tahun). Maka anak usia dini sangat membutuhkan pengalaman berkualitas yang dapat didapatkankan melalui pendidikan informal dari orang tua dan pendidikan formal di sekolah-sekolah bagi anak usia dini. Namun terbatasnya kemampuan orang tua dalam memberikan pendidikan informal dan banyaknya biaya yang dikeluarkan untuk memasuki sekolah bagi anak usia dini. ”PLAY TIME”, merupakan fasilitas bermain edukatif bagi anak usia 9 bulan – 5 tahun. Bertujuan untuk mengoptimalkan kecerdasan anak sesuai dengan perkembangan dan karakteristiknya agar anak memiliki kemampuan keterampilan dasar untuk hidup, sehingga mampu menolong diri sendiri (mandiri), disiplin, mampu bersosialisasi, dan memperoleh bekal keterampilan dasar yang berguna untuk kelangsungan hidupnya. Metoda yang digunakan adalah metoda free choice, sebuah metoda dengan pendekatan melalui pengenalan perkembangan kognitif, sosial dan emosional. Membiarkan anak memilih material dan aktifitas dengan bebas. Manfaat yang didapat terdapat pada material dan hubungan pembimbing secara individual dengan setiap anak.