digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tugas Akhir ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor penyebab kecelakaan penerbangan, khususnya yang berkaitan dengan kelalaian manusia. Pembahasan spesifik pada faktor kelalaian manusia karena merupakan faktor utama penyebab kecelakaan penerbangan. Penelitian dilakukan dengan melakukan studi literatur dan kajian terhadap laporan kecelakaan penerbangan. Faktor-faktor penyebab diharapkan dalam bentuk fault tree berdasarkan logika urutan kejadian (sebab-akibat) dan menggunakan model keju swiss. Dari hasil analisis beberapa kecelakaan penerbangan, kelalaian yang terjadi di lapangan dipengaruhi oleh kebijakan organisasi, misalnya adanya batasan waktu operasi penerbangan menyebabkan kru bekerja dalam tekanan sehingga sangat mungkin melakukan kesalahan. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan, perlu dilakukan perbaikan kelemahan pada keseluruhan sistem yang terkait dengan operasi penerbangan secara berkesinambungan.