Article Details

PENGUKURAN KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PT PJB (STUDI EMPIRIS PADA UNIT PEMBANGKITAN MUARAKARANG)

Oleh   Wisnoe Satrijono (NIM:281 99 024)
Kontributor / Dosen Pembimbing : Pembimbing : Jann Hidajat T.,Ir., MSIE. Scanner: Alice Diniarti; 2008-01-16.
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : Magister Bisnis dan Administrasi - Teknologi
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : Strategic planning ; PJB ; Herzberg ; employee ; satisfaction employee ; job satisfaction ; Employee job satisfaction.
Sumber :
Staf Input/Edit : Alice D  
File : 8 file
Tanggal Input : 2012-06-18 12:18:00

Abstrak: PT Pembangkitan Jawa Bali sebuah perusahan pembangkit listrik dengan kegiatan usaha inti adalah memproduksi tenaga listrik. Unit Pembangkitan Muarakarang merupakan salah satu unit dari PT PJB mempunyai tanggung jawab untuk memasok energi listrik pada area VVIP di Jakarta setiap tahun sebesar 7900GWh. Manusia adalah aset terpenting dalam Unit Pembangkitan Muarakarang ini, jumlah karyawan yang ada pada saat ini adalah sebanyak 229 orang, tersebar dalam 5 fungsi organisasi yaitu fungsi operasi, pemeliharaan, keuangan, sumberdaya manusia, lingkungan dan K3 serta sekretariat. PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB) telah mencanangkan dalam visinya untuk memiliki sumberdaya manusia yang profesional dalam bidangnya dan dalam Rencana Strategis Korporasi Jangka Panjang Perusahaan, PT PJB telah menetapkan sasaran bahwa akan membina dan mengembangkan serta mempertahankan sumberdaya manusia yang telah ada untuk mencapai tingkat produktivitas yang memadai. Namun hasil penilaian kinerja pada Unit Pembangkitan Muarakarang pada rapat koordinasi triwulan III bulan Nopember 2000, menunjukkan hasil yang kurang memuaskan dibanding unit pembangkitan yang lain. Berdasar basil penelitian beberapa ahli, penulis menduga penurunan kinerja unit ini terkait erat dengan masalah kepuasan kerja karyawan. Dengan menggunakan basis two factors theory dari Frederick Herzberg, selanjutnya disusun skala pengukuran kepuasan kerja karyawan dalam bentuk kuesioner untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan.