digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tujuan Penelitian ini adalah mencari variabel variabel yang berpengaruh terhadap penjualan industri genteng Jatiwangi Cirebon Sekalian menentukan model persamaan untuk penjualan Model ini akan digunakan untuk meramalkan penjualan genteng. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data basil kuesioner yang dibagikan kepada pengusaha. Setiap pertanyaan dalam kuesioner terdiri dari lima pilihan jawaban yang diurut mulai dari tingkatan yang paling rendah ke tingkat yang lebih tinggi (skala interval). Variabel-variabel yang diteliti dan yang berpengaruh ke pada penjualan industri genteng Jatiwangi adalah: Produksi, Saluran Distribusi, Harga, Promosi, Musim dan Kebijaksanaan-Pemerintah. Untuk pengolahan, data digunakan analisa Regresi Linear Ber ganda dengan metoda Backward Elimination dari Program Komputer SPSS. Hasil pengolahan data ini diuji signifikansinya dengan mengadakan pengujian: t- statistik, F-statistik, d statistik dan multikolinear. Ternyata variabel yang sangat berpengaruh terhadap penjualan industri genteng Jatiwangi adalah variabel Saluran Distribusi dan variabel Promosi. Dan kedua variabel ini lebih baik dikombinasikan pemakaiannya. Variabel-variabel yang lain seperti produk, harga, kebijaksanaan pemerintah dan musim ternyata pengaruhnya kecil Bimbingan yang diberikan Departemen Perindustrian selama ini perlu ditingkatkan lagi. Mengingat pemakaian saluran distribusi dan promosi yang dikombinasikan belum pernah digunakan selama ini. Pengusaha sangat diharapkan cepat menyesuaikan diri dengan pe rubahan lingkungan yang sudah mulai nampak sekarang ini. Sehingga kehidupan industri kecil ini dapat tetap dipertahankan atau ditingkatkan.