digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

1998 TS PP SRI ARIYATMOKO SISWOHADIWERNO 1-cover.pdf

File tidak tersedia

1998 TS PP SRI ARIYATMOKO SISWOHADIWERNO 1-bab1.pdf
File tidak tersedia

1998 TS PP SRI ARIYATMOKO SISWOHADIWERNO 1-bab2.pdf
File tidak tersedia

1998 TS PP SRI ARIYATMOKO SISWOHADIWERNO 1-bab3.pdf
File tidak tersedia

1998 TS PP SRI ARIYATMOKO SISWOHADIWERNO 1-bab4.pdf
File tidak tersedia

1998 TS PP SRI ARIYATMOKO SISWOHADIWERNO 1-bab5.pdf
File tidak tersedia

1998 TS PP SRI ARIYATMOKO SISWOHADIWERNO 1-bab6.pdf
File tidak tersedia

1998 TS PP SRI ARIYATMOKO SISWOHADIWERNO 1-pustaka.pdf
File tidak tersedia

Abstrak : Usaha Kartu Kredit merupakan sumber pendapatan non-bunga potensial bagi perbankan / LKBB dan ketatnya persaingan menuntut BNI MasterCard untuk mengembangkan produknya secara kompetitif. Permasalahannya adalah orientasi pengembangan produk Kartu saat ini lebih banyak ke produsen (penerbit Kartu Kredit) dan bukan pada konsumen. Mengingat hakekat pengembangan produk adalah untuk pemenuhan kebutuhan konsumen, maka penelitian preferensi konsumen terhadap item-item produk yang ditawarkan penerbit Kartu Kredit dinilai sangat penting. Tujuan studi ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh dominan dari preferensi terhadap produk yang ditawarkan Kartu Kredit dan mengaitkannya dengan situasi pasar sebagai bahan masukan bagi pengembangan produk dan pemasaran BNI MasterCard. Variabel amatan dalam studi ini berjumlah 43 variabel dan tertuang pada kuesioner, kemudian proses pengolahan datanya digunakan Analisa Komponen Utama melalui program SPSS. Berdasarkan preferensi konsumen, pengembangan produk Kartu Kredit dapat ditempuh melalui beberapa dimensi, yaitu dimensi inovasi nilai tambah produk, biaya penggunaan Kartu, kemudahan pembayaran kewajiban rutin dan transfer dana, jaminan kenyamanan finansial global, keamanan penggunaan Kartu, dan akses Kartu Kredit ke telepon umum. Berdasarkan analisa situasi pasar, BNI MasterCard berdaya saing dalam hal suku bunga, layanan transfer dana, asuransi rawat inap, dan fasilitas pembayaran Telkomsel. Dengan sejumlah pertimbangan, pengembangan produk BNI Master Card lebih efektif apabila ditempuh melalui dimensi inovasi nilai tambah produk dan kemudahan pembayaran kewajiban rutin, serta mampu menangani permasalahan uama konsumen. Dalam pemasaran Kartu Kreditnya, Bank BNI hams memanfaatkan keunggulan produk BNI MasterCard-nya dalam promosi dan mampu memanfaatkan sinergi kekuatan-kekuatan usahanya.