digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Desain kemasan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pemasaran. Selain harus berfungsi sebagai wadah dan pelindung isi produk, desain kemasan harus mampu pula menarik perhatian konsumen. Desain kemasan yang mampu menarik perhatian konsumen merupakan desain kemasan yang dapat memberikan gambaran awal mengenai kualitas dan nilai produk yang ditawarkan kepada konsumen. Gambaran awal mengenai keseluruhan kualitas suatu produk yang diharapkan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya dinamakan kesan kualitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh desain kemasan terhadap kesan kualitas pada produk sampo S. Peneliti memilih produk sampo sebagai salah satu objek penelitian karena industri produk sampo merupakan salah satu industri consumer goods yang mempunyai persaingan ketat di Indonesia. Informan pada penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu informan kunci dan informan biasa. Informan kunci pada penelitian ini adalah senior brand manager S dan packaging development engineer. Informan biasa terdiri dari sembilan orang wanita konsumen produk sampo S yang telah menggunakan produk sampo S selama lebih dari satu tahun serta telah menggunakan produk sampo S dengan desain kemasan terbarunya. Untuk memenuhi standar uji validitas dan reliabilitas pada penelitian kualitatif, peneliti menentukan informan yang kompenten dan sesuai dengan tema penelitian untuk diwawancarai oleh peneliti. Berdasar hasil temuan penelitian, desain kemasan berpengaruh terhadap kesan kualitas produk sampo S. Penelitian ini juga menghasilkan model teori pengaruh desain kemasan terhadap kesan kualitas berdasar pada hasil wawancara informan kunci dan informan biasa. Hasil penelitian ini menjawab pertanyaan penelitian yang pertama mengenai pengaruh desain kemasan terhadap kesan kualitas produk sampo S. Model teori ini secara spesifik menjelaskan pengaruh desain kemasan terhadap kesan kualitas pada jenis produk sampo S di Indonesia. Selanjutnya, diketahui pula kombinasi unsur-unsur kemasan produk sampo yang paling mempengaruhi kesan kualitas konsumen terhadap produk sampo S, yaitu: komposisi (bahan sampo harus tertulis dengan jelas), tulisan (informasi pada kemasan harus jelas baik dari segi jenis, ukuran, dan warna huruf), warna kemasan (warna yang mencolok), bentuk kemasan produk yang menarik, mudah dipegang, dan mudah dibawa bepergian, serta bahan kemasan yang ramah lingkungan. Hasil temuan ini menjawab pertanyaan penelitian kedua, yaitu mengenai unsur-unsur apa dari kemasan yang mempengaruhi kesan kualitas produk sampo S.