digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada penelitian yang dilakukan dalam tesis ini telah dikembangkan sebuah shell untuk sistem tutorial berintelegensia ( STB) yang diberi nama dengan S-Tutorial. Shell STB diperlukan guna mengefisienkan pengembangannya untuk sebanyak mungkin macam domain pengetahuan dan strategi pengajaran. Dengan S-Tutorial, tinggal memasukkan domain materi ke dalam struktur yang telah didefuiisikan dan membuat frame untuk presentasi dengan file HTML, maka STB yang ingin dibangun sudah bisa digunakan. S-Tutorial dirancang dapat digunakan untuk membantu membangun kumpulan STB yang dipakai bersama dalam suatu lingkungan sistem penyelenggaraan proses belajar mengajar. Untuk hal tersebut S-Tutorial dilengkapi dengan modul administrasi pendidikan. Empat macam pengguna dikelompokkan berdasarkan peran yang terlibat di dalam sistem yang dikembangkan dengan bantuan S-Tutorial, yaitu supervisor sebagai pengelola administrasi pendidikan, perancang pengaiaran berperan mengisi materi ajar , pembina sebagai pembina (pengajar) sebuah mata pelajaran, dan siswa yang belajar. Pembina dengan perancang pengajaran biasanya orang yang sama. Arsitektur S-Tutorial terdiri dari lima modul, yaitu keahlian , siswa, pedagogik, antarmuka , dan administrasi. Pada modul keahlian domain knowledge dan model expert disimpan ke dalam 3 macam perspektif, yaitu perspektif domain, struktur pengetahuan, dan instruksional. Model siswa yang dikelola modul siswa menyimpan aspek correctness, completeness, retention, dan acquisition untuk merepresentasikan performansi siswa. Di dalam modul pedagogik dirancang skenario penyampaian materi berdasarkan aturan pedagogik yang didefinisikan. Dan di dalam modul antarmuka dikelola karakteristik interaksi berdasarkan jenis unit perspektif instruksional. S-Tutorial diimplementasikan dengan Borland Delphi 5 dan DBMS Paradox dalam lingkungan sistem operasi Windows 98. Metoda pengembangan P/L yang digunakan adalah waterfall.