digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2008 TA PP PANJI DWI SUNTARA 1-COVER.pdf

File tidak tersedia

2008 TA PP PANJI DWI SUNTARA 1-BAB 1.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP PANJI DWI SUNTARA 1-BAB 2.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP PANJI DWI SUNTARA 1-BAB 3.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP PANJI DWI SUNTARA 1-BAB 4.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP PANJI DWI SUNTARA 1-BAB 5.pdf
File tidak tersedia

2008 TA PP PANJI DWI SUNTARA 1-PUSTAKA.pdf
File tidak tersedia

Melaksanakan tugas akhir ini adalah persyaratan yang harus dilaksanakan oleh penulis untuk lulus dari Program Sarjana Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung. Di dalam tugas ini, penulis mendiskusikan tentang perihalnya berhubungan dengan Hello;Fest Screen DVD Product di Jakarta. Masalah utama di dalam tugas ini adalah hambatan-hambatan yang dihadapi para produser di dalam melebarkan produk mereka (Hello;Fest Screen DVD) untuk menjualnya di Bandung. Penulis juga mencoba untuk menemukan beberapa solusi untuk memberi jalan keluar bagi masalah mereka. Solusi-solusi yang dihasilkan dalam tugas ini berdasarkan pada hasil riset yang dilakukan bersama 27 responden. Sebenarnya, masalah yang dihadapi oleh produser-produser dari Hello;Fest Screen DVD berasal dari produk mereka sendiri. Dalam hal ini, informasi berasal dari para responden untuk membuat mereka yakin melakukan atau memulai bisnis Hello;Fest Screen DVD mereka di dalam bidang yang baru. Sebelumnya, penulis menginformasikan bahwa para produser ini berniat untuk masuk pasar yang baru, yaitu di Bandung. Tetapi ketiadaan informasi mereka tentang bidang yang baru dan tentang memasarkan produk mereka sendiri, membuat mereka merasa kurang yakin di dalam memulai bisnis untuk masuk tujuan pasar mereka yang baru. Di dalam melakukan riset, penulis membatasi lingkup dari riset ini hanya di produk Hello;Fest Screen DVD diri sendiri bukan di bagaimana promosi produk Hello;Fest Screen DVD dan channel distribusi untuk menjual Hello;Fest Screen DVD. Konsumen target dari riset adalah ini para siswa sekolah menengah di Bandung. Riset dari Marketing Mix (Produk, Harga, Tempat, Promosi) akan terpusat hanya di produk. Lalu, analisa yang dihasilkan dari riset ini adalah hasil dari studi kasus dan berdasarkan pada kondisi dan lingkungan saat memperoleh data selama proses riset. Hasil dari riset ini bisa digunakan sebagai salah satu referensi integritas untuk para produser itu untuk menemukan informasi yang dihubungkan dengan produk-produk seni gambar hidup terutama kepada perilaku konsumen di Bandung di dalam mengkonsumsi produk seni gambar hidup. Hasil riset ini akan pertunjukan kepada produser-produser ini, harapan-harapan konsumen itu kepada Hello;Fest Screen DVD seperti isi, pengemasan, desain, layanan pasca jual dan hal-hal lain yang terkandung di dalam konsep 'Three Layers of Product Concept' untuk memasarkan Hello;Fest Screen DVD. Penulis melakukan metoda riset penyelidikan untuk mengumpulkan data dari responden. Metoda ini dapat dilakukan dalam beberapa hal. Pertama Depth Interview yang dilaksanakan dengan interview langsung dengan para produser Hello;Fest Screen DVD dan konsumen, yang kedua adalah Literature Study yang diselenggarakan dengan mencari data yang ditulis melalui buku dan internet. Yang ketiga adalah Observation yang dilaksanakan dengan melakukan pengamatan langsung kepada produk lain yang berhubungan dengan produk seni gambar hidup. Yang terakhir adalah FGD (Kelompok Diskusi Terpusat) yang diselenggarakan dengan pertemuan suatu target kelompok orang. FGD diarahkan untuk mengetahui hipotesis sekitar masalah yang sedang terjadi, untuk mengidentifikasi apa yang target pasar inginkan, seperti isi produk, pengemasan, desain, layanan pasca jual dan hal-hal lain yang berisi dalam 'Three Layers of Product Concept' dari konsep Hello;Fest Screen DVD untuk siswa sekolah menengah. Dengan ini, diharapkan bahwa produk Hello;Fest Screen DVD akan mencapai angka yang lebih baik dari penjualan dengan memperkenalkan konsep produksi baru berdasar pada pasar sasaran menginginkan.