digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Meningkatnya tingkat stress dalam pekerjaan semakin mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat Indonesia, terutama masyarakat di daerah perkotaan. Dari keadaan tersebut muncul berbagai tempat perawatan kesehatan yang menyediakan sarana dan fasilitas yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit, mengembalikan vitalitas tubuh, dan untuk relaksasi, yang kemudian dikenal dengan istilah terapi alternatif. Sekarang ini masyarakat lebih selektif dalam mengkonsumsi, dimana mereka dapat memilih terapi yang bermanfaat dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Untuk menyikapi masalah ini, desain dari alat terapi yang ditawarkan harus lebih menarik untuk mendapatkan perhatian konsumen, dimana desain mencangkup variasi kegunaan, kenyamanan, teknis, keamanan, dan atau tampilan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komponen-komponen desain mana saja yang berpengaruh terhadap konsumsi jasa alat terapi alternatif modern yang dipilih, yaitu alat terapi alternatif dengan media batu giok. Komponen-komponen desain yang diteliti adalah komponen fungsi, bentuk, bahan, warna, dan harga. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diambil dalam bentuk 15 pertanyaan yang diajukan untuk mengetahui persepsi konsumen pada tiga produk yang diteliti, yaitu Ceragem Compact CGM-P390 (PT. INNICERAGEM), Kasur Terapi Nugabest (PT. NUGABEST), dan Capsule Therapy (MIRA BEAUTY). Kuesioner diberikan kepada 10 responden yang menjadi konsumen jasa di setiap produk yang diteliti, dimana ketiga perusahaan yang menyediakan jasa alat terapi alternatif tersebut terletak di kota Bandung. Metode analisis data yang digunakan adalah : (1) Analisis Korelasi Kendall yang digunakan untuk mengetahui komponen-komponen desain mana saja yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap konsumsi jasa, (2) Analisis Varian Satu Arah yang digunakan untuk mengetahui komponen-komponen desain mana saja yang memiliki pengaruh yang berbeda secara signifikan. Hasil analisa menunjukkan bahwa konsumen jasa alat terapi alternatif batu giok didominasi oleh kaum wanita di kalangan ekonomi menengah yang sudah menyadari pentingnya kesehatan dan menerima terapi alternatif dengan batu giok sebagai perawatan kesehatan yang dapat memenuhi kebutuhan mereka akan kesehatan. Konsumen menilai komponen-komponen desain sebagai unsur yang penting dalam menarik minat mereka untuk mengkonsumsi jasa, terutama faktor fungsi, kenyamanan dan juga harga.