digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. XYZ merupakan perusahaan yang berada dalam grup X yang bergerak dalam bidang distribusi Consumer Goods. Produk yang didistribusikan yaitu produk makanan dan non makanan dari prinsipal yang berada dalam grup Indofood maupun prinsipal non grup (pihak ketiga). Sebagai distributor, Cabang PT. XYZ dituntut untuk dapat memperluas dan memperdalam jaringan distribusinya ke seluruh Indonesia disamping memuaskan pelanggannya yang terdiri dari outlet dan prinsipal. Cabang diharapkan mempunyai kemandirian untuk dapat mengelola operasionalnya agar Cabang mempunyai daya saing terhadap kompetitor. Key Performance Indicator (KPI) yang digunakan Cabang belum sesuai dengan visi dan misi PT. XYZ dan tidak dapat menggambarkan kinerja Cabang secara menyeluruh. Visi dan Misi yang dimiliki perusahaan sudah cukup baik, namun belum didefinisikan secara terstruktur dalam bentuk strategi & belum memperlihatkan hubungan sebab akibat yang jelas. Sistem manajemen kinerja kinerja yang komprehensif, koheren, terukur, dan berimbang menjadi hal yang kritikal bagi Cabang PT. XYZ guna menghadapi kondisi persaingan yang hiper kompetitif di bidang usaha Consumer Goods. Untuk mengatasi masalah diatas maka digunakan sistem manajemen kinerja berbasis The Balanced Scorecard yang dapat mengukur kinerja secara menyeluruh dari empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Projek akhir ini fokus pada tahap perancangan sistem manajemen kinerja berbasis The Balanced Scorecard untuk digunakan di Cabang PT. XYZ. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian dimulai dari analisis SWOT, penetapan strategi fungsional di tiap perspektif yang dilanjutkan dengan penetapan tolok ukur keberhasilan dan target yang mesti dicapai oleh Cabang. Penelitian yang dilakukan menghasilkan suatu rancangan Sistem Manajemen Kinerja berbasis The Balanced Scorecard untuk diterapkan di seluruh Cabang PT. XYZ agar mampu meningkatkan kinerja Cabang sehingga dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan secara keseluruhan dan terus memperbaiki diri.