digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Seiring dengan ketatnya persaingan di dunia bisnis, para eksekutif perusahaan membutuhkan informasi yang tepat untuk dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan strategis. Corporate Information Factory (CIF) merupakan suatu paradigma yang secara spesifik ditujukan untuk menyediakan informasi strategis yang vital bagi organisasi. CIF perlu dirancang dalam konteks arsitektur informasi perusahaan, sehingga akan diperoleh pandangan holistik terhadap kebutuhan perusahaan. Salah satu pendekatan yang paling banyak diadopsi praktisi dalam arsitektur informasi perusahaan adalah kerangka kerja Zachman. Dalam penelitian ini dirancang CIF untuk PT. TELKOM dengan menggunakan pendekatan kerangka kerja Zachman. Kerangka kerja Zachman menyediakan konstruksi arsitektural dalam mengembangkan metodologi maupun keseluruhan strategi. Kerangka kerja ini kemudian menjadi panduan dalam mengembangkan cetak biru CIF perusahaan. Penelitian ini fokus pada perancangan data warehouse dan usulan penerapan data mining untuk proses pemasaran dan hubungan pelanggan. Hasil penelitian akan menyajikan abstraksi data, fungsi, jaringan, manusia, waktu, dan motivasi perancangan CIF dari perspektif perencana, pemilik, perancang, dan pembangun. Kerangka kerja Zachman diharapkan dapat memberikan kerangka berpikir yang komprehensif dan sistematis, sehingga proses perancangan CIF dapat lebih efektif.