digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. XYZ merupakan perusahaan pengelola Mal D'Best dan Diamond Supermarket yang bertempat di Jl.Fatmawati, Jakarta Selatan. Strategi pengembangan Diamond Supermarket mengacu pada prinsip value for money. Salah satu keunggulan Diamond Supermarket adalah produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Suatu strategi pemasaran dibutuhkan untuk memperkenalkan Diamond Supermarket kepada konsumen. Strategi pemasaran tersebut akan berhasil apabila didukung oleh brand yang kuat, yang dapat menyentuh benak dan perasaan setiap pengunjung Diamond Supermarket, sehingga mereka mengambil keputusan untuk mendatangi Diamond untuk melakukan aktivitas berbelanja. Kebutuhan dan harapan konsumen memegang peranan yang sangat besar dalam proses pemilihan supermarket. Jika konsumen tidak memiliki informasi yang cukup dan beranggapan bahwa suatu tempat berbelanja tidak akan dapat memenuhi kebutuhan dan harapannya, maka proses berbelanja tidak akan pernah terjadi. Konsumen yang menjadi target Diamond Supermarket secara umum tidak memiliki informasi yang cukup, baik mengenai penawaran barang, maupun informasi tentang keberadaan supermarket itu sendiri. Suatu penelitian dilakukan untuk membangun brand yang kuat bagi Diamond Supermarket. Hasil penelitian focus group discussion dan in-depth interview yang diperkuat dengan pre-test questionnaire memberikan gambaran, bahwa strategi branding Diamond Supermarket harus dapat menciptakan brand awareness dan brand image yang positif melalui pelayanan yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. Selain perspektif konsumen, tantangan yang dihadapi adalah keterbatasan lahan parkir, yang dapat mengganggu konsumen dalam melakukan aktivitas belanja di Diamond Supermarket. Analisis yang dilakukan terhadap permasalahan dan beberapa alternatif penyelesaiannya memberikan solusi, yang terdiri dari tiga bagian utama. Solusi pertama adalah membangun brand identity yang dapat menyampaikan nilai-nilai perusahaan kepada konsumen. Solusi yang kedua adalah internal branding, sehingga setiap orang yang terlibat dalam pengelolaan Diamond Supermarket mengetahui nilai dan budaya perusahaan, mewujudkannya dalam perilaku, dan menyampaikannya dengan benar kepada konsumen. Internal branding juga mendorong setiap orang untuk melakukan inovasi dan kreativitas, dengan tujuan meningkatkan kualitas brand secara berkelanjutan. Solusi yang ketiga adalah pengaturan biaya parkir yang sesuai di area parkiran Diamond Supermarket.