digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Khifni Ali
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Kawasan Stasiun Kebon Kawung merupakan kawasan yang padat dengan aktivitas perjalanan yang didukung oleh beberapa moda transportasi namun belum terintegrasi dengan baik. Oleh karena itu, direncanakan pembangunan Accessible Hub di lokasi Stasiun Kebon Kawung yang mengintegrasikan tiga moda utama yaitu kereta api, BRT (Bus Rapid Transit), dan LRT (Light Rail Transit) serta mampu mengkonektivitaskan ruang pedestrian sehingga menciptakan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan kendaraan umum. Dalam perencanaan pembangunan perlu ditinjau struktur bangunan yang tahan gempa. Berdasarkan data lokasi dan tanah yang diasumsikan struktur bangunan ini masuk ke dalam kategori desain struktur D sehingga didesain menggunakan Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus (SRPMK). Bangunan yang terdiri dari struktur baja dan beton ini akan mengacu pada SNI 2847:2019 dan SNI 1729:2020 serta memperhatikan SNI 1727:2020 untuk pembebanan dan SNI 1726:2019 untuk desain ketahanan gempa. Tugas akhir ini memiliki tujuan merencanakan dan merancang suatu sistem struktur tahan gempa Kebon Kawung Accessible Hub yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan lapangan.